Politik

Rekonsiliasi SBY-Mega Akan Ciptakan Dinasti Politik Baru di Pilpres 2024?

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA — Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, SBY tercatat pernah menjadi kuda troya istana dalam pilpres 2004 dengan mengalahkan petahana yang saat itu dijabat oleh Megawati.

Menurut Jajat, keputusan Demokrat merapat ke pemerintah sudah tentu bukan merupakan pekerjaan mudah.

“Disatu sisi wacana Demokrat merapat ke istana merupakan kabar baik dan bisa merubah peta politik nasional mengingat sebelumnya ada hubungan kurang harmonis antara Megawati dan SBY dalam kurun waktu yang cukup lama,” tutur Jajat.

Sementara disisi lain yang perlu disikapi sejauh ini terkait rekonsiliasi antara Megawati dan SBY ini merupakan bagian dari rencana politik jangka panjang untuk membentuk suksesor Jokowi atau sebatas politik basa-basi karena situasi politik hingga saat ini masih belum menentu.

Jajat menambahkan, jika rekonsiliasi kedua tokoh politik besar ini terwujud, melihat track record keduanya baik SBY maupun Megawati merupakan tokoh yang pernah sama-sama sukses mencatatkan diri sebagai pemenang pemilu dan pilpres tentu akan terbentuk sebuah kekuatan politik yang besar.

“Apalagi nama Puan dan AHY sudah digadang-gadang layak masuk dalam bursa capres 2024, meskipun sulit terwujud namun dalam politik hal serupa bukan mustahil terjadi,” tambah Jajat.

Jajat menambahkan, SBY maupun Megawati merupakan tokoh politik dengan segudang pengalaman. Sinyal Demokrat akan merapat ke istana sejak awal sudah terlihat dari pertemuan antara AHY dan Jokowi.

“Melihat fenomena tersebut terbentuknya dinasti politik baru antara SBY dan Megawati atau sebaliknya, Demokrat kembali menjadi kuda troya seperti saat SBY merebut kekuasaan dari tangan Megawati. Saya kira ini akan ditentukan oleh bagaimana sikap politik Jokowi kedepan, yang jelas apapun keputusannya jelas akan mempengaruhi situasi politik kedepan”, tutup Jajat.(*)

Facebook Comments

Tags

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Close
Close