Aksi Nyata Gina Swara Turun Tangan Salurkan Bantuan Korban Banjir Karawang

Anggota DPRD Jawa Barat, Gina Fadlia Swara kunjungi korban banjir di Kabupaten Karawang (29/2/2020) - (Ist)

SUARAPANTAU.COM, KARAWANG – Anggota DPRD Jawa Barta, Gina Fadlia Swara turun tangan salurkan bantuan ke korban banjir Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (29/2/2020).

Diketahui, sebanyak 14 Kecamatan Karawang terdampak banjir mengakibatkan 10.529 rumah terendam dan 9.514 orang mengungsi.

Selain banjir, Karawang juga dilanda tanah longsor dan puting beliung.

Gina Swara mengaku prihatin dengan bencana banjir yang rutin melanda Kabupaten Karawang.

“Karawang tiap tahun banjir. Titik banjir yang sering terjadi sudah diketahui. Penyebabnya ada banjir kiriman, ada luapan sungai, tanggul jebol, sedimentasi, tersumbatnya drainase, persoalan sampah atau tingginya curah hujan,” jelasnya.

Ia berharap, penangan banjir kedepan perlu merumuskan rencana penanggulangan banjir yang terintegrasi dan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Rencana Penanggulangan Bencana ini akan memuat rencana pra-bencana (pencegahan dan mitigasi serta kesiapsiagaan), rencana tanggap darurat dan rencana pasca bencana (pemulihan)”, tambahnya.

Gina Swara juga mendoakan agar warga sabar dalam menghadapi musibah ini dan tetap waspada karena musim penghujan belum usai.

Selanjutnya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong-royong membantu korban banjir

“Kedepan kita harus berpikir untuk mengurangi resiko banjir dengan antisipasi yang tepat. Minimal kita harus bisa mengurangi titik banjirnya. Mengurangi warga yang terdampak dan juga mempercepat surutnya air,” pungkas politis perempuan Partai Gerindra ini.(*/ran)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait