Dukungan Partai Masyumi Perkuat Nasrul Abit-Indra Catri di Pilgub Sumbar

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit-Indra Catri - SUARAPANTAU.COM/IST

SUARAPANTAU.COM, PADANG – Dukungan Partai Politik Islam Indonesia (PPII) Masyumi berlabuh ke pasangan nomor urut 2 calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada Sumbar, Nasrul Abit – Indra Catri (NA-IC).

Kesepakatan dukungan tersebut didapat dari hasil pertimbangan dan persetujuan dari anggota DPD Masyumi se-Sumatera Barat dalam pertemuan di Padang, Senin (23/11).

“Awalnya kami polling pilihan politik untuk Pilgub Sumbar di grup WhatsApp keluar nomor 2 dan 4. Namun unggul telak nomor dua, makanya saat ini kami jatuhkan dukungan untuk Nasrul Abit-Indra Catri,” kata Ketua DPW Masyumi Sumbar, Budiman Datuk Bandaro Rajo dalam keterangan tertulis, Senin (23/11/2020).

Budiman kemudian menyertakan alasan kenapa memilih NA-IC ketimbang calon lain termasuk Mahyeldi-Audy. Menurut dia, mayoritas anggota Masyumi ingin Mahyeldi tetap melanjutkan pengabdian di Kota Padang. “Barisan Masyumi Sumbar saat ini mayoritas tim sukses Mahyeldi sewaktu mencalonkan diri sebagai Wali Kota Padang,” terangnya.

Begitu pula secara garis keulamaan, kader Masyumi juga lebih dekat dengan Mahyeldi. Namun ada beberapa hal krusial sehingga dukungan jatuh kepada NA-IC.

“Kami lebih mendukung Mahyeldi melanjutkan kepemimpinan di Kota Padang. Kemudian soal janji beliau waktu Pilwalko. Kami ingin secara syariat beliau menunaikan janji dan jabatan di Kota Padang,” katanya.

Ia mengatakan, dari keempat calon tersebut, hanya Nasrul Abit-Indra Catri yang tidak sedang memegang amanah dari rakyat. Sementara yang lain seperti Mahyeldi masih memiliki kewajiban memimpin warga Padang. “Artinya ada amanah yang harus ia (Mahyeldi) pertanggungjawabkan kepada warganya,” tuturnya.

Berbeda dari Nasrul Abit dan Indra Catri yang amanah dengan jabatan. Selain itu, dari sisi keagamaan, mereka menilai Nasrul Abit dan Indra Catri juga memiliki pengetahuan agama yang mumpuni dan selalu menunaikan ibadah dengan baik.

“Kami bertemu (dengan Nasrul Abit) dan berjamaah di salah satu masjid. Saya persilahkan beliau maju jadi imam. Saya rekam saat beliau jadi imam salat Magrib dan Isya. Saya makmum beliau, jadi jangan adalagi keraguan soal itu. Termasuk soal isu keturunan PKI itu hoaks,” tegasnya.

Menurut Budiman, dukungan politik Masyumi Sumbar itu sudah mendapat persetujuan dari pengurus pusat.

Rekomendasi UAS

Ketua Dewan Syuro Masyumi DPW Sumbar Ustaz Jel Fathullah, Lc juga setuju untuk tidak memberikan dukungan kepada Mahyeldi-Audy. Dia mengaku tidak berani merekomendasikan orang yang telah berjanji kepada rakyat untuk menuntaskan jabatan, lalu ditinggalkan.

“Saya sudah WhatsApp Ustad Abdul Somad (UAS), tak ada ulama yang mau merekomendasikan orang yang telah berjanji kepada rakyat untuk menuntaskan jabatan, lalu ditinggalkan,” katanya.

Ustad Jel Fathullah mengkaitkan dengan kisah sahabat nabi soal janji kepada seseorang dan komitmen terhadap janji tersebut.

“Sebelum meninggal, Sahabat Nabi, Abdullah Bin Umar, meminta seseorang untuk mendatangkan seorang anak muda dengan ciri-ciri tertentu. Lalu seseorang tadi bertanya alsannya. Ibnu Umar menjawab, pemuda itu pernah mengajukan permintaan dan dia menjawab dengan insyaallah. Dia tidak mau memungkiri janji itu dan dia tidak mau menghadap Allah dengan sepertiga kemunafikan. Itu baru Janji dengan satu orang, bagaimana janji itu dengan ratusan ribu warga Padang,” terang Jel.

Rapat Kerja DPW Masyumi Sumatra Barat dihadiri beberapa DPD seperti DPD Kota Padang Panjang, DPD Kota Bukittinggi, DPD Kabupaten Sijunjung, DPD Padangpariaman, DPD Agam, DPD Kabupaten Solok, DPD Kabuaten Solok Selatan, DPD Tanahdatar, DPD Lima Puluh Kota, DPD Kabuparen Pasaman, DPD Pasaman Barat, DPD Kota Padang, DPD Kota Pariaman, DPD Kota Payakumbuh dan DPD Kota Solok.(*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait