Mahasiswa Universitas Pamulang Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Pendidikan Bina Insan Kamil

SUARAPANTAU.COM, TANGERANG – Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Di Yayasan Pendidikan Bina Insan Kamil, yang belamat didesa Gempolsari, Kecamatan Sepatan Timur, Kota Tangerang, Banten yang di hadiri oleh 20 siswa/i SMA Bina Insan Kamil, pada Selasa, 20/11/2021.

Salah satu Kegiatan PKM mahasiswa tersebut adalah memberikan pelatihan dan memperkenalkan fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Office kepada para peserta didik.

Kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini mengusung tema “Pelatihan Microsoft Office Untuk Mendukung Aktifitas Siswa/i Pada Masa Era Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 10.00 – 13.00 WIB di Ruangan kelas SMA Bina Insan Kamil.

Ketua kegiatan PKM, Riki Sanim menyatakan, perkembangan kecanggihan internet di masa kini mempermudah segala sesuatu. Mulai dari bidang teknologi, bidang kesehatan, bidang industri, bidang perekonomian dan lain-lain. Saat ini segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Kemudahan dan kecepatan informasi ini menjadi salah satu hal yang dapat kita manfaatkan untuk media belajar kita. Kita dapat mengakses materi belajar dengan gratis dan tersedia beberapa platform yang dapat memandu kita dalam belajar secara online.

Lanjut Riki Sanim, Salah satu hal yang dapat kita pelajari adalah Microsoft Word. Microsoft Word merupakan bagian dari Microsoft Office yang sangat banyak digunakan pada masa kini baik di kalangan pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantoran. Dalam Microsoft Word terdapat banyak fitur yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita.

Kegiatan dimulai degan meriah oleh Fadjri Baskara Bayu sebagai MC. Setelah pembukaan acara, acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama langsung dibawakan oleh Ketua Yayasan SMA Bina Insan Kamil, Bapak H . Usman sudrajat S.E, Sambutan kedua dibawakan oleh Dosen Pembimbing PKM kami dari Universitas Pamulang, Ibu Uliyatunisa, S.Kom, M.Kom Dan sambutan terakhir dibawakan oleh ketua kelompok PKM, Riki Sanim.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang di sampaikan oleh Tubagus Ahmad Muzaki Amrullah dan Ahmad Buhori mengenai microsoft office word, sejarah,fitur–fitur, serta jenis paper apa saja yang dapat kita buat di dalam microsoft word. Acara ini dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk mempraktikan materi yang sudah disampaikan.

Para siswa/i dibagi menjadi beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 2-3 orang dengan laptop yang sudah kami persiapkan. Kegiatan di sambut baik oleh para siswa/i dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para siswa/i sepanjang rangkaian kegiatan, mereka sudah mengetahui tujuan dari kegitan ini diadakan dan di saat penjelasan materi selesai disampaikan.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru dan Dosen, dengan memanfaatkan teknologi informasi menjadi salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengajar. Pemahaman IT bukan hanya digunakan sebagai respon bagi perkembangan zaman, tetapi juga sebagai kewajiban pendidik untuk memenuhi kompetensi tersebut.

Penggunaan teknologi perangkat lunak dengan aplikasi pengolah data sangat dibutuhkan di dunia pembelajaran. Hal ini dikarenakan sangat membantu proses pembelajaran serta mempermudah para pelajar dan pendidik ketika membuat materi pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi pengolah data tersebut dapat menciptakan sebuah proses pembelajaran yang sistematis dan menarik. Perkembangan teknologi khususnya untuk kalangan pelajar bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan aplikasi yang mudah.

Riki mengungkapkan, icrosoft word juga merupakan aplikasi yang paling sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Aplikasi tersebut digunakan dalam menyampaikan materi-materi dengan metode komputerisasi sehingga proses pembelajaran menjadi tidak monoton. Dengan microsoft word pula, pembuatan sebuah dokumen pembelajaran menjadi lebih menarik serta dapat menambahkan gambar dalam dokumen yang akan kita buat tersebut. Penggunaan microsoft word juga mampu untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam penulisan serta mengurangi penggunaan kertas yang dapat merusak lingkungan.

 

Penutupan kegiatan PKM dibuka dengan pembagian snack kepada para peserta. Selanjutnya, pada pukul 12.00 WIB Di lanjutkan dengan sesi tanya jawab perwakilan dari masing-masing kelompok, dan diakhir kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cendramata sebagai kenang-kenagan atas pelaksananaan kegiatan yang telah membantu dan bekerja sama selama penyelenggara kegiatan ini kepada Kepala Sekolah SMA Bina Insan Kamil, Bapak H . Usman sudrajat S.E. ,serta pemberian sertifikat kepada para siswa/i peserta.

“Tetap semangat bagi mahasiswa yang belum melaksanakan kegiatan PKM jangan lupa dijaga protokol kesehatan. Berikan ilmu yang bermanfaat bagi sesama dan tetap jaga selalu nama baik Almamater Universitas Pamulang.” tandas Riki Sanim

Untuk diketahui, adapun nama-nama mahasiswa yang melakukan kegiatan PKM ini yakni: Riki Sanim (191011400934), Abi Dzarr Al Ghiffari (191011402298), Imam Maulana (191011400957), Sodikin (191011400919), Ridwan Nur Ariyanto (191011400937), Supriyanto (191011400875), Ahmad Buhori (191011401346), Yanwar Firmansyah (191011400920) dan Tubagus Ahmad Muzaki Amarullah (191011400970) serta Fadjri Baskara Bayu Prananda (191011401402).(Red)

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait