Tiga Kecamatan Terdampak Banjir Bandang Soppeng, Dua Rumah Dilaporkan Hanyut

  • Whatsapp
Banjir bandang Kabupaten Soppeng

SUARAPANTAU.COM, SOPPENG – Bencana banjir bandang menimpa Kabupaten Soppeng akibat luapan sungai, Senin 6 Desember 2021.

Sebanyak empat desa di tiga kecamatan Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, terdampak banjir setelah tiga sungai di kabupaten tersebut meluap ke permukiman warga.

Bacaan Lainnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Soppeng menyebutkan ketiga sungai tersebut yaitu Sungai Paddangeng, Sungai Lawo, dan Sungai Belo.

BPBD menyampaikan, sebagian besar wilayah Sulsel diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Minggu (5/12) hingga hari ini.

Banjir yang merendam Soppeng terjadi di Kelurahan Ompo dan Desa Maccile di Kecamatan Lalabata; Desa Belo di Kecamatan Ganra; dan Desa Paddangeng di Kecamatan Donri-Donri.

Banjir mengakibatkan dua unit rumah beserta sejumlah barang di dalamnya terseret arus, sementara satu unit rumah bergeser. Adapun jumlah rumah yang terdampak banjir saat ini masih dalam tahap asesmen oleh tim BPBD Kabupaten Soppeng.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman telah menginstruksikan kepada BPBD untuk memastikan pemenuhan bantuan warga.

“Saat ini sementara loading bantuan logistik pangan dan family kit oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng,” kata Andi, Senin (6/12).

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada mengantisipasi dampak curah hujan yang tinggi. Apalagi BMKG Wilayah IV Makassar telah memprediksi cuaca hingga 7 Desember 2021 berpotensi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah Sulsel.

Ia pun meminta BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota mengambil langkah kesiapsiagaan menghadapi kondisi cuaca saat ini.

“Kita harap bantuan ini dapat meringankan korban terdampak banjir, serta untuk BPBD terus siaga untuk memastikan pemenuhan bantuan bagi korban,” ujarnya.

(red)

Facebook Comments

Pos terkait