Bantu Mahasiswa Tunarungu, PKh UNM Hadirkan Aplikasi Kamus SIBI

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Jurusan Pendidikan Khusus (PKh) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengembangkan aplikasi Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) bagi mahasiswa tunarungu.

Adapun aplikasi tersebut membantu pembelajaran mahasiswa.

Tim pengembangan aplikasi Jurusan PKh tersebut beranggotkan Syamsuddin, Triyanto Pristowaluyo, Zulfitrah, dan Wizerti Ariastuti Saleh. Mereka mampu mengembangkan perangkat kamus SIBI berbasis digital.

Ketua Tim, Syamsuddin mengatakan tujuan dari rilisnya aplikasi tersebut menfasilitasi kebutuhan pembelajaran mahasiswa tunarungu di perguruan tinggi yang masih terkendala dalam memahami kata ilmiah.

Adapun tiga fitur yang disediakan dalam aplikasi, yaitu kamus Bahasa isyarat, penggunaan kalimat dengan SPOK, dan penggunaan isyarat.

“Melihat kebutuhan mahasiswa kami terkhusus mahasiswa tunarungu, maka kami menghadirkan aplikasi ini dengan tujuan mempermudah menjalani perkuliahan dan menyusun tugas akhir atau skripsinya dikemudian hari,” ujarnya.

Ketua Jurusan PKh mengungkapkan, penggunaan aplikasi Kamus Bahasa Isyarat harus memiliki ponsel pintar dengan sistem operasi Android atau IOS dengan koneksi internet stabil. Aplikasi ini masih menunggu verifikasi dari google playstore.

“Jadi, aplikasi ini bisa terpasang di ponsel android minimal versi 6.0 atau jellybean dan pengguna IOS minimal versi 12. Kami juga, menyediakan panduan di YouTube untuk mempermudah mahasiswa kami dalam menggoperasikannya,” ungkapnya.

Cara Kerja Alat

Cara kerja perangkat ini, pengguna terlebih dahulu menginstal aplikasinya lalu dapat mengakses tiga menu yang kami sediakan:

1. Kamus Bahasa Isyarat

Setelah penggunaan memilih menu Kamus Bahasa Isyarat maka ditampilkan kosa kata kamus. Tersedia fitur pencarian untuk memudahkan pengguna dalam mencari kosa kata khusus. Selain itu, pengguna dapat mengakses halaman detail. Halaman
detail terbagi dua penggunaan kata dan tutorial dari kata yang dicari.

2. Penggunaan Kalimat SPOK

Aplikasi menampilkan daftar level penggunaan kalimat SPOK. Pada menu ini pengguna akan mendapat sensasi seolah bermain game. Pengguna harus menyelesaikan misi di setiap levelnya, serta tombol simpan.

3. Penggunaan Isyarat

Pada menu ini pengguna akan disuguhkan dua fitur yaitu gambar isyarat kata dan video contoh penggunaan isyaratnya.

Kebutuhan perangkat ini sangat penting terutama untuk menunjang sarana dan prasarana (Sarpras) mahasiswa tunarungu dalam berkomunikasi dan mengakses pembelajaran.

“Kami berharap, tim pengembangan aplikasi jurusan PKh dapat mengembangkan teknologi ini guna memberikan trobosan baru dalam menunjang sarpras bagi mahasiswa tunarungu,” harapnya. (*)

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait