Kapolri Minta Jajaran Kepolisian Daerah Respon Aduan Masyarakat di Medsos

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh polda untuk selalu merespons pengaduan masyarakat yang dilaporkan via media sosial (medsos).

Menurut dia, tak semua jajaran kepolisian daerah responsif dalam menanggapi pengaduan tersebut. padahal era digital sekarang ini, masyarakat cenderung mengadukan sesuatu kepada aparat via medsos.

“Saya sendiri (sebagai kapolri), setiap harinya ada empat sampai lima laporan yang masuk ke akun media sosial saya,” ujar Sigit dikutip dari Republika, Jumat (17/12).

Sigit juga menjelaskan, pengaduan-pengaduan tersebut sebetulnya ada di ranah polda, polres, bahkan kasus-kasus di tingkat polsek.

“Tolong dicek dumas (pengaduan masyarakat) di polres, polda, bisa berjalan dengan baik. Peristiwa di polres dan polsek lapornya ke kapolri. Tentunya mau tidak mau. Tolong bantu saya, tolong cek, bagaimana sistem pengaduan masyarakat di level polres dan polsek ini,” kata Sigit.

Menurut Sigit, pelaporan ke medsosnya itu menunjukkan adanya persoalan yang buntu antara masyarakat dan kepolisian di daerah.

Kondisi tersebut yang membuat masyarakat lebih memanfaatkan akun medsos kapolri untuk pelaporan atau sekadar pengaduan.

“Ada sumbatan komunikasi yang tidak terjawab. Seperti laporan masuk yang tidak direspons atau ada sistem tidak mau menerima laporan. Tolong cek bagaimana sistem pengaduan di polres dan polsek ini,” kata Sigit.

(*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait