Sah! Restu Tangaka Terpilih Ketua KNPI Tana Toraja

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKALE – Steering Committe Musda DPD II KNPI Tana Toraja menetapkan Restu Tangaka sebagai Ketua Terpilih KNPI Tana Toraja setelah melalui forum yang sangat alot, Kamis (2/5/2022) di Makale.

Restu yang juga mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Toraja itu dinyatakan menang secara aklamasi.

Gusti Randa selaku Steering Committe yang dikonfirmasi terkait pelaksanaan Musda KPNI Tana Toraja mengungkapkan, jika ini merupakan kerinduan Pemuda pemuda toraja untuk bersatu teguh dan mengikat kerinduan untuk kebaikan pemuda Toraja ke depan.

“Ini adalah kesepakatan bersama, yang tentu untuk merangkul semua pemuda dan OKP di Toraja. Sebagai steering commite, saya memaknai OKP punya kerinduan untuk tetap bersatu teguh mengikat persaudaraan dan perjuangan yang tentu untuk kebaikan Pemuda Tana Toraja,” ujarnya.

Pelaksanaan musda berjalan alot sejak pra musda digelar 1 Juni 2022 di Hotel Metro Permai. Selain Restu, kandidat lain yang juga pengurus KNPI Sulsel, yakni Daming Sampe Suso sedianya bertarung dalam musda itu.

Forum yang terdiri dari OKP memprotes keputusan yang ditempuh KNPI Sulsel dan Plt KNPI Toraja yang hendak memaksakan suara pengurus kecamatan yang memiliki SK tidak formal.

Ketua KNPI Sulsel, Kanita Kahfi, bahkan sempat diadang sejumlah OKP hingga memilih kabur dan tak hadir hingga sidang musda. Plt KNPI Tana Toraja, Bastian Littu, juga memilih tak hadir.

Sidang musda lalu dipindahkan ke Gedung BPS Zona III karena suasana tak kondusif. Hingga, larut malam tadi, baik KNPI Sulsel maupun Plt Ketua KNPI Toraja tak hadir.

Steering lalu melanjutkan sidang dan memutuskan Restu Tangaka yang sejak awal mendapat dukungan mayoritas OKP.

“Dinamika itu biasa di organisasi kepemudaan. Namun selesai dengan musyawarah akhirnya keterpilhan Restu Tangaka telah mendapatkan dukungan penuh dari mayoritas OKP Pemuda Tana Toraja yang berhimpun di KNPI dan 4 DPK,” jelas Gusti.

Gusti Randa juga menyebutkan bahwa demi pemuda Tana Toraja yang tetap satu dan tidak terpecah belah, langkah ini diambil dan didukung dengan rekomendasi dari OKP yang hadir dalam forum.

“Memang kami sangat mengharapkan DPD I yang memiliki kapasitas untuk mengarahkan berlangsungnya proses Rapimda dan Musda DPD II KNPI Tana Toraja hadir. Namun upaya itu tak diindahkan,” jelasnya.

Sementara itu, Restu Tangaka, selaku ketua terpilih, menyampaikan banyak terimakasih atas atas segala dukungan semua kalangan pemuda Toraja terhadap pelaksanaan dan keterpilihannya dalam musda kali ini.

Ketua terpilih ini menyampaikan, jika hasil musda ini tentu akan menjadi sebuah memontum bagi KNPI Tana Toraja untuk membangun pemuda yang produktif dan kreatif menuju Toraja Bangkit sebagaimana Visi dan Misi yang kita usung di awal,” pungkasnya.(*)

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait