PUKIS Dukung Langkah Pemerintah Terapkan MLFF Secara Bertahap

Truk melintas di Jalan Tol (Ilustrasi) - SUARAPANTAU.COM/INT

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Pusat Kajian Infrastruktur Strategis (PUKIS) mendukung langkah pemerintah sehubungan dengan uji coba penerapan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) secara bertahap pada jalan tol di seluruh Indonesia.

Pusat Kajian Infrastruktur Strategis (PUKIS) menilai penerapan sistem nontunai dan nirsentuh tersebut dapat memangkas waktu transaksi.

“MLFF merupakan lompatan baru di sektor jalan tol nasional. Sistem ini dapat menjadi solusi atas permasalahan antrean dan kepadatan kendaraan yang selama ini sering terjadi di gerbang tol,” ujar Direktur Eksekutif Pusat Kajian Infrastruktur Strategis (PUKIS) M. M. Gibran Sesunan, Kamis 14 Juli 2022.

M. M. Gibran Sesunan menyebut kebijakan ini,  akan mengurangi waktu transaksi secara signifikan sehingga waktu tempuh perjalanan secara umum juga dapat terpangkas.

Selain manfaat lalu lintas, PUKIS mengemukakan kelebihan penerapan MLFF dari sisi lingkungan hidup.

Berdasarkan studi di sejumlah negara, MLFF dapat mengurangi polusi udara secara signifikan, khususnya di gerbang tol dan sekitarnya yang selama ini menjadi titik konsentrasi polusi terparah di jalan tol.

Kendati demikian, terlepas dari berbagai manfaat tersebut, terdapat beberapa catatan agar penerapan MLFF dapat berjalan dengan baik.

Pertama, penerapan MLFF sangat bergantung pada kejujuran pengguna karena cenderung menggunakan honesty system atau honor system.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait