Tindak Lanjut KTT-G20 Mengintegrasikan SDGs Melalui One Health

Wujudkan kesehatan dunia melalui program One Health - SUARAPANTAU.COM

Konsep Ketahanan sistem kesehatan didefinisikan sebagai kemampuan pelaku kesehatan, institusi, dan masyarakatnya untuk mempersiapkan diri dan merespon krisis Kesehatan secara efektif.

Sistem kesehatan yang tidak siap di seluruh dunia secara tidak langsung berkontribusi besar pada penularan penyakit secara cepat, alhasil berdampak buruk terhadap kepada stabilitas ekonomi, social dan politik negara.

Urgensi Reformasi Sistem Kesehatan Nasional

Tahun 2020 sebagai awal dampak dari Pandemi dilakukan berbagai upaya untuk melakukan reformasi sistem sesehatan nasional 2021-2024.

Baca juga: Aparatur Desa Wajib Tahu 18 Tujuan Program SDGs Desa

Sesuai dengan Arahan Presiden, Fokus yang arah kebijakan yaitu penguatan sistem kesehatan sebagai bagian dari Pembelajaran pasca Covid-19 dengan melibatkan banyak Kementarian/Lembaga seluruh Sub Sistem Kesehatan Nasional. Berkaitan dengan hal tersebut.

Indonesia telah memiliki terobosan pembangunan kesehatan, diantaranya melalui: Penyebaran tim kesehatan untuk menjangkau daerah-daerah tertinggal, perbatasan kepulauan (DTPK) dan daerah bermasalah kesehatan (DBK) melalui program Nusantara Sehat.

Baca juga: Berikut Indikator Wujud Hidup yang Sehat Sebagai Tujuan SDGs

Dimulainya pendekatan Kesehatan Keluarga yang berfokus pada kunjungan rumah guna mendeteksi dini, pengobatan, dan mengutamakan tindakan promotif-preventif dengan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK); Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

Serta perlindungan asuransi kesehatan sosial yang disebut Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diperluas dari waktu ke waktu untuk mencapai cakupan Universal Coverage.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait