Tindak Lanjut KTT-G20 Mengintegrasikan SDGs Melalui One Health

Wujudkan kesehatan dunia melalui program One Health - SUARAPANTAU.COM

Lingkungan yang sehat akan memengaruhi kesehatan manusia dan hewan. Demikian juga, populasi yang sehat menandakan lingkungan yang baik dan layak huni.

Konsep ini mendorong kolaborasi lintas sektoral antara ahli kesehatan manusia, Kesehatan hewan, dan lingkungan hidup untuk mengatasi masalah seperti penyakit yang berasal dari hewan, keamanan dan keamanan pangan, dan pencemaran lingkungan.

Tantangan yang dihadapi oleh kesehatan dunia berkaitan dengan penyakit infkesi baru muncul (emerging infectious diseases) dan penyakit infeksi yang muncul kembali (re-emerging infectious diseases) adalah resistensi antimikroba, penularan penyakit dari hewan ke manusia atau sebaliknya.

Baca juga: Pentingnya Revitalisasi dalam Dunia Pendidikan

Penyakit Menular Baru Muncul (PMBM) atau Emerging Infectious Diseases (EID) di seluruh dunia 75% diantaranya adalah penyakit yang berasal dari hewan atau disebut zoonotic, sedangkan untuk penyakit infeksi yang sudah ada terlebih dahulu 60% adalah zoonotic.

Hal ini disadari atau tidak, manusia dan hewan hidup di satu ekosistem dan saling berinteraksi secara langsung atau tidak.

Semakin terhubungnya dunia sehingga memudahkan penularan penyakit dari satu daerah ke yang lain, serta degradasi kualitas lingkungan yang berdampak pada kesehatan hewan dan manusia.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait