Tindak Lanjut KTT-G20 Mengintegrasikan SDGs Melalui One Health

Wujudkan kesehatan dunia melalui program One Health - SUARAPANTAU.COM

Dengan berhasilnya pendekatan One Health ini, selain mewujudkan kesehatan masyarakat, juga akan membantu mempertahankan keanekaragaman hayati dan melindungi keberlangsungan ekosistem di bumi.

Sehingga menjamin stabilitas energi, air, dan udara bersih, makanan bernutrisi, dan perubahan iklim sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goasl (SDG’s) 2030.

Baca juga: Pembangunan Infrastruktur Jelang KTT G20 di Bali Serap Puluhan Ribu Tenaga Kerja

Sehingga hasilnya akan mendukung rencana yang dikembangkan oleh Organisasi Dunia lainnya seperti Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Badan Kesehatan Dunia (WHO), Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (WOAH), dan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) sebagai kerangka operasi untuk mewujudkan intervensi One Health.

Mengingat kesehatan manusia sangat bergantung pada lingkungan sosial yang sehat dan bebas risiko, maka sangat penting untuk memiliki konsep yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan potensi epidemiologi seiring dengan perspektif ekonomi sebagai faktor yang sangat berpengaruh pada masa depan masyarakat dengan sehat secara produktif.

Penulis: Agussalim, S.KM
Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Makassar

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait