Nathasya Salsabillah: Sadarkah Anda Rokok Pengeluaran Rumah Tangga Terbesar Setelah Beras!

Ilustrasi Rokok

Komponen rokok ini memiliki cost item yang lebih tinggi dibandingkan barang lainnya, antara lain telur, ayam ras, gula pasir, mie instan, bawang merah, kopi bubuk dan instan, jagung, roti, cabe rawit dan kue basah.

Merokok seringkali dianggap sebagai gaya hidup bahkan tidak sedikit yang menganggap sebagai kebutuhan.

Padahal semua tahu bahwa merokok dapat merusak Kesehatan, selain itu juga dapat menguras kantong keuangan.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mendaftarkan 10 jenis barang yang paling banyak digunakan di pedesaan dan perkotaan Indonesia. Salah satu dari dua bahan baku terpenting adalah rokok.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, rokok merupakan pos pengeluaran rumah tangga terbesar baik di perkotaan maupun pedesaan. Rokok menempati urutan kedua tertinggi setelah beras.

“Inilah dilemanya bagaimana kita bisa mempengaruhi konsumsi rumah tangga agar lebih mengutamakan produk yang bernutrisi agar anaknya tumbuh sehat, produktif dan sejahtera,” kata Sri Mulyani saat rapat Komisi XI DPR, Senin. 12/12).

Menurut data Susenas Statistics Finland (BPS), rokok merupakan komponen rumah tangga terbesar kedua pada Maret 2022 dengan persentase sebesar 12,21 persen di perkotaan. Sedangkan komponen ini mencakup 11,63 persen di perdesaan.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait