Ira Ericasia: Manajemen Emosi Kehidupan Perkuliahan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Ira Ericasia

EMOSI menurut Chaplin adalah suatu kondisi yang terangsang dari organisme dalam hal ini mencakup perubahan-perubahan yang mampu disadari dan memiliki sifat yang mendalam dari perilaku yang terbentuk tersebut.

Pada hakikatnya emosi ini merupakan gambaran dari perasaan manusia saat menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang berbeda.

Hal itu wajar, karena emosi ini merupakan reaksi alamiah manusia terhadap berbagai kondisi yang nyata, maka sejatinya tidak ada emosi yang baik ataupun emosi yang buruk.

Baca Juga: FIKOM Universitas Ciputra Kerjasama Solidaritas Relawan Kemanusiaan Penyuluhan Lingkungan di Surabaya

Emosi ini memiliki sumber yang banyak antara lain dari kualitas tidur, kepribadian, olahraga, stress, gender, usia, aktivitas sosial dan masih banyak lagi.

Selain itu emosi memiliki beberapa macam, namun secara garis besar dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu emosi positif dan negatif (Gramedia, 2021).

Baca Juga: Riset Universitas Ciputra Surabaya dan WADAS Terkait Kesejahteraan Buruh Jawa Timur 2022

Emosi yang kita rasakan bisa berdampak positif maupun negatif tergantung bagaimana sikap atau management kita terhadap emosi yang kita rasakan tersebut.

Apa saja dampak negatif atau positifnya berikut penjelasannya. Dampak positif yang biasanya terjadi pada manusia berwujud pada perasaan bahagia, ceria, damai, senang dan adanya rasa syukur.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait