Ira Ericasia: Manajemen Emosi Kehidupan Perkuliahan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Ira Ericasia

Hal ini biasanya menyenangkan dan menguntungkan. Namun apabila ada dampak postif pasti ada dampak negatifnya yaitu emosi negatif yang dirasakan biasanya perasaan menangis, marah, kecewa, sedih, benci dan yang lainnya.

Walaupun begitu sebenarnya setiap emosi yang dirasakan baik yang dapat berdampak positif maupun negatif memiliki manfaat yaitu sebagai sarana untuk mempertahankan hidup, memberikan semangat atau motivasi dalam hidup.

Emosi mampu memberitahukan kondisi orang-orang di sekitar kita, sehingga mampu melakukan apa yang sesuai dengan perasaan yang dirasakan oleh mereka saat itu.

Baca Juga: Dosen Universitas Bosowa Pelatihan Instalasi PLTS di Pangkep Kepulauan

Nah dari sini emosi yang dirasakan sangatlah beragam dan kompleks mengenai apa manfaat dan dampaknya baik pada diri kita sendiri maupu orang lain.

Seperti yang terjadi pada mahasiswa baik yang mahasiswa baru maupun yang sudah semester atas. Untuk para mahasiswa baru emosi yang muncul berkaitan dengan perassaan bingung bagaimana cara mereka mengatur waktu, bagaimana cara mereka memahami semua materi yang diberikan.

Baca Juga: Kesehatan Mental Dalam Islam dan Cara Mengobatinya

Emosi-emosi tersebut muncul sebagai bentuk diri kita untuk beradaptasi dengan lingkungan dan kebiasaan yang baru.

Terlebih di dunia perkuliahan mahasiswa dituntut untuk selalu sigap dengan segala situasi dan menjadi jauh lebih dewasa dan mandiri.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait