Ira Ericasia: Manajemen Emosi Kehidupan Perkuliahan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Ira Ericasia

Untuk mahasiswa yang berada di semester atas apalagi yang sudah semester akhir merasakan emosi jenuh dengan segala kesibukan yang sudah setiap hari mereka jalani, merasa jenuh dengan segala tugas yang semakin banyak dan jauh lebih sulit dari semester sebelumnya.

Selain itu muncul juga perasaan jenuh dengan tugas skripsi yang tidak kunjung selesai, ada semangat untuk mulai mengerjakan tapi secara bersamaan muncul pula perasaan malas dan lelah.

Kemudian ada rasa ketakutan apakah nanti saat saya sudah lulus saya bisa bekerja yang sesuai dengan jurusan kuliah saya saat ini? Apakah saya nanti saat lulus bisa langsung dapat kerja atau tidak? Apakah saya saat sudah lulus bisa sukses sesuai dengan harapan orang tua saya? Semua itu muncul dan menganggu suasana hati kita sehingga emosi itu bercampur menjadi satu.

Baca Juga: Hasil Riset: Kesehetan Mental Remaja Indonesa Memiliki Masalah, Simak Penjelasannya!

Masalah di atas adalah bentuk bagaimana jika kita tidak dapat mengatur emosi yang kita rasakan dengan baik. Sehingga banyak hal yang seharusnya bisa kita capai menjadi tidak bisa karena emosi-emosi yang muncul dan seakan menjerat kita untuk bergerak.

Akan tetapi emosi tersebut juga timbul akibat adanya tekanan dari orang atau sekitar sehingga hanya emosi negatif saja yang muncul.

Baca Juga: Environmental Law Forum Unhas Sebut Pejabat Luwu Miliki Perkebunan di Kawasan Hutan Lindung

Tekanan tersebut seperti pilihan jurusan yang dipaksa dari orang tua, lingkungan yang memaksa kita untuk berada di saat kita tidak dapat memilih sesuai keinginan kita sehingga kita hanya bisa mengikuti apa yang dikatakan oleh orang yang di sekitar kita.

Namun semua itu bisa dicegah apabila kita bisa mengatur emosi menjadi lebih efektif sehingga emosi-emosi negatif akan lebih terminimalisir untuk kita rasakan.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait