Ira Ericasia: Manajemen Emosi Kehidupan Perkuliahan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Ira Ericasia

Secara psikologi terdapat beberapa cara mengatur emosi kita yaitu dengan menghindari situasi atau keadaan yang dapat memaksa kita untuk merasakan emosi-emosi negatif seperti marah ataupun sedih.

Juga saat kita di pojokkkan oleh teman kita karena tidak bisa dalam satu materi, lebih baik kita pergi dan mengisi waktu dengan belajar lebih baik agar kita lebih berkembang dari sebelumnya.

Selanjutnya adalah memodifikasi situasi ini dengan tidak menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi karena hakikat manusia iti tidaklah sempurna, dengan begini rasa kecewa yang akan kita rasakan apabila hasilnya tidak sesuai akan terminimalisir.

Baca Juga: Peluang Sektor Sport Tourism Menjadi Isu Besar Olahraga Terkini

Seperti saat hasil ujian kita lebih buruk dari teman kita tidak sikap yang kita lakukan dengan tidak berharap bisa mendapat nilai sempurna karena kita masih di tahap belajar oasti ada masanya kita mendapat nilai buruk.

Namun bagaimana kita belajar lebih baik lagi di kemudian hari sehingga nilainya menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

Baca Juga: Tindak Lanjut KTT-G20 Mengintegrasikan SDGs Melalui One Health

Mengalihkan fokus perhatian kita, hal ini bisa terjadi seperti saat ada teman kita yang jauh lebih sukses atau lebih pintar dalam beberapa mata kuliah sehingga kita merasa iri.

Nah dari pada rasa iri ini menjadi suatu penyakit hati, lebih baik rasa iri ini digunakan sebagai motivasi kita untuk lebih berusaha lagi, walaupun memang proses dan jalannya akan berbeda tapi paling tidak kita juah lebih baik dari sebelumnya.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait