Hayarna Basmin Sebut Luwu Mampu Raih Wistara Kedua

SUARAPANTAU.COM, LUWU – Pemerintah Kabupaten Luwu menjalani proses verifikasi lanjutan dalam rangka lomba Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tingkat nasional secara daring di Kantor Bupati, Rabu (9/8).

Sejumlah unsur Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut hadir bersama tim KKS yang kompak mengenakan seragam batik berwarna ungu yang divariasikan warna kuning keemasan.

Tim Pembina KKS Kabupaten Luwu yang diwakili oleh Kepala Bappelitbangda, Moh. Arsal Arsyad mengatakan capaian pembangunan Pemkab Luwu dengan berkomitmen mengedepankan pelayanan publik yang berwawasan sehat berbasis nilai keadilan dan pemerataan.

“Berdasarkan 9 tatanan dan beberapa indikator didalamnya yang harus dipenuhi untuk mencapai predikat kabupaten Sehat, maka Self Assessment capaian 9 tatanan tersebut antara lain Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri mencapai 92,8 %, Pemukiman dan Fasilitas Umum 92,3 % dan Satuan Pendidikan 100 %,” kata Arsal.

Tatanan lainnya, lanjut Arsal, seperti Pasar 91,7 %, Perkantoran dan Industri 100 %, Pariwisata 100 %, Perlindungan Sosial 94,7 %, Pencegahan dan Penanganan Bencana 100 % serta Ketertiban Transportasi dan Lalu Lintas 93,7 %.

“Beberapa inovasi antara lain Luwu Macenning, Ceting Siputih, Rumah Kurcaci, Pangantara Pijampi, Sikamase, Gertak Sayur, Posyandu Tamasya, Gajah, serta Kelas Si Imut,” ungkap Arsal.

Ketua Forum KKS Kabupaten Luwu, Hayarna Basmin mengaku optimis mampu kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kedua kalinya.

Menurutnya semua Tim Pembina KKS yang merupakan pimpinan OPD telah membuktikan bahwa Pemkab Luwu sangat mendukung kinerja tim KKS.

“Kami telah menjalin sinergitas, kolaborasi dan koordinasi seluruh stakeholder terkait untuk memenuhi persyaratan indikator yang ada pada 9 tatanan KKS,” kata Hayarna.

“Semoga kerja keras dan kerjasama ini bisa membawa Kabupaten Luwu untuk meraih Wistara kedua kalinya,” ujarnya.

Hayarna juga mendapat apresiasi dari Tim Pembina KKS Sulsel karena pro-aktif dan serius terutama saat menerima pembinaan dalam menyiapkan dokumen-dokumen pendukung.

Diketahui tahun 2021 Kabupaten Luwu untuk pertama kalinya berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi bidang kesehatan tingkat nasional. (*/rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait