Bupati Luwu Launching Buku Biografi

SUARAPANTAU.COM, LUWU – Bupati Luwu, Basmin Mattayang melakukan launching buku biografinya di Wisata Kuliner Desa Wara, Kecamatan Kamanre, Senin (14/8).

Buku dengan sampul berwarna putih berjudul “Dr. Drs. H. Basmin Mattayang Andi Sennu, MPd, Pemimpin Visioner, Pendobrak Perubahan Pembawa Kesejukan”.

Kegiatan itu dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para kepala OPD dan sejumlah wartawan dari media massa dan elektronik.

Bachtiar Adnan Kusuma sang penulis buku biografi merupakan salah seorang tokoh literasi yang juga Ketua Umum Forum Nasional Penghargaan tertinggi Nugrah Jadadharma Pustaloka Perputakaan Nasional RI.

Bacaan Lainnya

Bachtiar menjelaskan bahwa ada tiga bagian penting dalam buku biografi Bupati Luwu yang ditulisnya.Pertama, kata dia, bagaimana peran kiprah Bupati Luwu mulai dari pra sebelum lahir mengenai kehidupan orang tuanya.

“Lalu kakek neneknya, kemudian beliau lahir, sekolah hingga menjadi guru dan kepala sekolah serta menjadi salah seorang pejabat di Kanwil Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Sulawesi Selatan,” kata Bachtiar.

Bagian kedua, isi buku mengisahkan tentang bagaimana peran dan keterlibatan bupati meletakkan artefak sejarah asal mula berdirinya Kabupaten Luwu.

“Termasuk beliau salah satu bupati yang mengadakan sarana dan prasarana perkantoran, sehingga menurut perspektif saya sebagai tokoh literasi bahwa Pak Basmin ini adalah arsitek pembangunan Kabupaten Luwu,” lanjutnya.

Dan bagian ketiga, isi buku dituliskan bagaimana perspektif masyarakat tentang eksistensi keberadaan kepemimpinan Basmin Mattayang selaku bupati dua periode.

“Jadi tiga bagian ini dikemas sebagai bagian personifikasi wajah bupati. Jadi jika ingin mengetahui wajah sesungguhnya dari sosok pak Basmin maka bacalah buku ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Luwu, Basmin Mattayang mengungkapkan rasa bahagianya atas diluncurkannya buku biografi yang berisi tentang perjalanan hidupnya dikemas dalam 154 halaman.

“Tentunya ini suatu kesyukuran kepada Allah SWT, momen menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 kita launching buku biografi ini,” kata Basmin.

Menurutnya, tidak ada sejarah yang abadi jika tidak dituliskan. Launching buku biografi bupati dianggap sebagai salah satu bentuk edukasi kepada generasi selanjutnya untuk selalu merekam jejak langkah-langkah positif yang telah dilakukan.

“Ini buku saya yang kedua yang ditulis oleh Adinda Bachtiar selaku mitra, adik serta teman diskusi untuk membuat narasi-narasi baru dalam berbagai aspek kehidupan sosial kemasyarakatan,” jelasnya.

Dipilihnya Bachtiar Adnan sebagai penulis buku biografinya karena alasan dianggap sosok penulis yang paham tentang alur pikirannya. “Saya cuma memberikan point-pointnya saja, Dia sudah mampu terjemahkan dalam sebuah narasi,” ungkapnya.

Ia berharap buku biografi ini sebagai tambahan literasi untuk membangun minat baca para generasi sekarang dan seterusnya, menambah pengetahuan terkait jejak-jejak kepemimpinan Bupati Luwu.

“Nantinya buku ini kita akan bagikan ke perpustakaan sekolah secara gratis sebagai tambahan literasi bagi generasi muda,” jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan Basmin Mattayang membagikan buku tersebut kepada Kejari Luwu, Dandim 1403/Palopo, Kapolres Luwu, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, dan Sekda Luwu. (rls/*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *