Hari Batik Nasional, Faul: Generasi Muda Harus Jaga Warisan Budaya

Hari Batik Nasional, Faul: Generasi Muda Harus Jaga Warisan Budaya

SUARAPANTAU.COM – Semarak perayaan Hari Batik Nasional 2023 memantik generasi muda untuk turut berperan menjaga warisan budaya.

Seperti disampaikan Faulla Bagus Mauluddin bahwa generasi muda wajib berperan aktif melestarikan warisan budaya Batik sebagai kekayaan budaya.

Diketahui, Hari Batik Nasional bertepatan pada 2 Oktober rutin diperingati setiap tahunnya.

Baca Juga: Mengenal Sosok Faulla Bagus Mauluddin: Penjelajah dan Penulis yang Menginspirasi

Bagi Faul, sapaan akrabnya, batik adalah simbol cinta, persatuan, dan aspirasi akan kebahagiaan dalam konteks budaya Indonesia.

Dengan senyuman di wajahnya, ia mengungkapkan bahwa di balik setiap pola dan warna terdapat kisah panjang yang mencerminkan sejarah negara ini.

“Batik, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia selama berabad-abad, adalah simbol penting yang harus tetap dijaga,” ungkap pemuda multitalenta ini.

Faul juga mengunggah foto pakai batik di laman Instagram pribadinya. Faul mengenakan batik sogan truntum, motif yang telah menjadi bagian penting dalam warisan budaya batik Indonesia sejak abad ke-18.

Bahkan, sejarah mencatat peran Kanjeng Ratu Kencana dalam mempopulerkan motif ini dalam sejarah Keraton Surakarta.

Pesan yang disampaikan Faul kepada generasi muda sebagai berikut:

“Selamat Hari Batik Nasional, mari kita jadikan batik sebagai bagian yang tak terpisahkan dari identitas kita! Mari kita terus menghargai dan merayakan keindahan serta makna di setiap kain batik, sebagai bagian yang tak ternilai dari warisan budaya kita.” – Faulla Bagus Mauluddin.

Di era modern ini, Faul mendorong semua generasi muda yang sebaya dengannya untuk terus menjaga dan melestarikan warisan budaya ini.

Hal ini, agar batik tetap bersinar dalam kehidupan budaya Indonesia.

“Hari Batik Nasional tahun ini adalah panggilan khusus bagi generasi muda untuk bergabung dalam semangat pelestarian warisan budaya yang berharga ini, sehingga keindahan dan makna kain batik dapat terus diwariskan kepada generasi mendatang,” ungkapnya.

(Jana Rosdiana)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait