Tren Big Data Analityc dan Pemanfaatannya dalam Perumusan Kebijakan Pemerintah

Prima Agung Palupi
Prima Agung Palupi

Kemampuan menyajikan informasi atau apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan cepat menjadikan sebuah pertanyaan, apakah Big Data dapat dijadikan alat oleh pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat?

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan ketika mencari sesuatu di pencarian google atau media sosial misalnya dengan kata kunci ”Resep Membuat Sambel Tumis Bawang” dengan seketika pencarian serupa tentang resep-resep masakan lainnya dan promosi alat-alat masak akan menghiasi tampilan feed atau eksplorer media sosial kita.

Sehingga terkadang smartphone yang kita miliki sedang berkomunikasi dengan kita melalui penyajian informasinya. Sama halnya ketika kita sering bermain media sosial seperti Facebook, Instagram atau Tiktok terkadang informasi yang sering kita lihat dan sukai maka akan terus bermunculan di media sosial kita. I

tulah kehebatan sebuah data yang kemudian terolah menjadi sebuah informasi. Lantas bagaimana data tersebut menjadi sebuah informasi yang menghiasi media sosial kita? Seakan-akan mengetahui privasi kita dan mengetahui apa yang kita inginkan?

Data terus berkembang seiring perkembangan teknologi dan informasi. Setiap hari miliaran orang mengakses internet dan berbagi informasi secara online (Haqqi dan Wijayati, 2023).

Tanpa kita sadari bahwa apa yang dilakukan dengan memanfaatkan internet adalah bagian dari kemunculan data-data yang selanjutnya dikenal dengan istilah “Big Data”.

Big Data dapat didefenisikan sebagai kumpulan data yang tercipta melalui penggunaan internet oleh masyarakat dan dapat dikombinasikan serta dianalisis sehingga menjadi sebuah informasi (Mergel Ines, 2016).

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *