Pemkab Luwu Komitmen Menuju Smart City

SUARAPANTAU.COM, LUWU – Bupati Luwu, Basmin Mattayang bersama Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali dan OPD melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Menuju Luwu Kabupaten Cerdas (Smart City).

Kegitan itu sekaligus penutupun Bimtek Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap IV di Ruang Pola Andi Kambo, Senin (16/10).

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian, Luwu Ir. H. Muhammad mengungkapkan, pelaksanaan bimbingan teknis ini merupakan bagian dari Gerakan menuju 50 Smart City di Indonesia tahun 2023.

“Konsep pengelolaan kota berkelanjutan dan berdaya saing untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih aman, lebih mudah, lebih sehat, lebih makmur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” kata Muhammad.

Sementara itu, tenaga ahli Kementerian Kominfo, Irwan Sembiring mengatakan smart city merupakan inovasi terhadap berbagai program pembangunan yang telah direncanakan.

Ia berharap pembangunan dapat berjalan dengan lebih baik. Sehingga, smart city lebih berfokus pada pembangunan yang dijalankan dengan cara yang inovatif. “Bukan pada pemanfaatan TIK saja,” kata Irwan.

Irwan mencontohkan banyak program yang telah ditentukan di RPJMD dapat dilakukan dengan membuat inovasi. Seperti program pengembangan pariwisata dengan mengadakan eco-tourism dengan berbasis budaya lokal.

“Program penanggulangan bencana alam, kegiatan inovasinya pengelolaan kebencanaan yang responsive berbasis TIK,” ungkapnya.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang telah memilih dan memberikan pendampingan kepada Pemkab Luwu dalam penyusunan masterplan Smart City.

“Saya atas nama Pemkab Luwu menyampaikan terimakasih kepada Bapak, Ibu beserta rombongan dari Kominfo, jauh-jauh datang kemari meluangkan waktunya untuk memberikan pendampingan,” kata Basmin.

Ia berharap, ASN yang menjadi perwakilan setiap OPD dapat memanfaatkan bimtek ini untuk menambah wawasan. Khususnya dalam melahirkan inovasi pelayanan publik.

“Semoga saudara ASN yang mengikuti bimtek bisa menjadi motivator dan menjadi penggerak, semoga kita dapat merealisasikan Smart City di Luwu,” pungkasnya. (rls/*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait