Aulia Arigierta: Peran Teknologi Terhadap Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teknologi Pembelajaran

PENDIIDKAN adalah dasar dan pondasi untuk membentuk penerus yang baik dan mampu bersaing pada dinamika masyarakat modern.

Pada masa era di mana teknologi menguasai setiap  kehidupan, tak dapat disangkal bahwa peran teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar membuat semakin krusial. Transformasi ini membawa dampak yang cukup.

Pergeseran pandangan pembelajaran terjadi sewaktu dengan munculnya teknologi ke dalam ruang kelas. Sekolah dasar, sebagai tahap awal pendidikan formal, menjadi mata perubahan signifikan ini.

Munculnya perangkat elektronik, seperti komputer dan tablet, tidak hanya sekadar sebagai alat bantu, tetapi sudah menjadi katalisator pembelajaran.

Baca Juga: Yuliana Damayanti: Peran Guru Wujudkan Pendidikan Berkualitas.

Jadi peran utama teknologi yaitu membatasi batasan ruang dan waktu pada pembelajaran. Kini, siswa belajar di kelas bukan hanya satu satunya metode belajar.

Akan tetapi juga dapat melihat materi pelajaran dan sumber daya pendidikan secara daring. Keadaan ini membuka pintu bagi akses umum terhadap pengetahuan, menghapuskan hambatan geografis.

Selain itu, teknologi dapat dan mampu menjadikan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Aplikasi pembelajaran yang dibuat khusus untuk anak-anak menampilkan materi pelajaran dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Dengan menggunakan animasi, gamifikasi, dan konten interaktif lainnya, membuat pembelajaran.

Namun peran teknologi bukan hanya terbatas pada aspek pembelajaran formal. Pengenalan teknologi dari anak anak juga adalah langkah cepat untuk menyiapkan generasi yang akan datang untuk menghadapi rintangan masyarakat yang semakin terdigitalisasi. Literasi digital bukan lagi sekadar keahlian tambahan, akan terapi menjadi suatu keharusan.

Baca Juga: Nazwar: Evaluasi Masifnya Artificial Intelligence

Dalam konteks ini, esai ini akan mengulas lebih mendalam peran teknologi terhadap pembelajaran di sekolah dasar.

Dengan merinci berbagai aspek dan dampak positif yang dihasilkannya, kita dapat lebih memahami bagaimana teknologi tidak hanya menjadi pelengkap, tetapi pilar utama dalam membentuk masa depan pendidikan anak-anak kita.

Pendidikan pada zaman sekarang tidak lepas dari peran teknologi yang semakin menonjolkan diri pada kehidupan sehari-hari. Teknologi mampu memberi kontribusi yang cukup besar dalam memajukan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar.  Salah satu kegunaan utama teknologi terhadap pembelajaran di sekolah dasar adalah memperbanyak.

Penggunaan teknologi terhadap pembelajaran di sekolah dasar dapat mempersiapkan siswa menghadang tuntutan zaman yang selalu berkembang.

Baca Juga: Pihak Google Dalami Oknum Tim Artificial Intelligence yang Bocorkan Data

Kemampuan mengaplikasikan alat teknologi agar jadi keterampilan yang sangat dibutuhkan pada masyarakat digital saat ini. Oleh karena itu, mengenalkan teknologi sejak dini dapat menjadi membentuk literasi digital.

Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran tidak boleh dibandingkan dengan peran guru.

Guru harus mempunyai peran sentral dalam mengayomi dan mengarahkan proses pembelajaran. Teknologi cuma alat bantu yang hanya memperkaya pengetahuan pembelajaran, akan tetapi nilai-nilai pendidikan dan interaksi.

Sebagai kesimpulan, peran teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar haruslah tetap signifikan. Dengan kata lain melibatkan teknologi pada kurikulum, kita mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, interaktif, dan sesuai dengan tuntutan zaman. Inilah dasar bagi tumbuh kembang nilai dan potensi dari anak-anak kita.

Penulis: Aulia Arigierta
*Mahasiswa Universitas Jambi

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait