Pentingnya Menguasai SEO Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Pentingnya Menguasai SEO Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Pentingnya Menguasai SEO Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi

SUARAPANTAU.COM –  Menguasai SEO atau search engine optimization dapat meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Mulai tren pada awal 2022 sampai saat ini, SEO Specialist terkesan asing didengar bagi kalangan anak muda.

Namun, siapa yang menyangka jika peluang pekerjaan ini mulai dicari sejak pesatnya berbagai kursus online yang menawarkan kursus SEO Specialist.

Baca Juga: Studi Independen SEO Specialist oleh Jobhun Academy yang Naik Daun di Program MSIB

Pada umumnya, SEO Specialist adalah sebuah profesi yang berguna dalam menerapkan kemampuan analisis dan marketing untuk mengoptimalkan sebuah konten di website agar memiliki peringkat lebih baik di mesin pencarian Google.

Walaupun belum seramai profesi digital lainnya seperti Social Media Specialist, UI/UX, atau Digital Marketing, SEO Specialist menjadi salah satu profesi yang memiliki peluang tinggi untuk 10 tahun ke depan menurut redaksi bisnis DailySEO.

SEO atau optimasi mesin pencari adalah sebuah pengetahuan yang berkaitan dengan sistem kerja sebuah website agar dapat diakses oleh banyak audiens dan mengoptimalkan konten bisnis yang membantu meningkatkan reputasi perusahaan di Google.

Baca Juga: Update Algoritma Google Pembaruan Konten Bermanfaat, Pengaruhi SEO?

Kelebihan Mahasiswa Menguasai SEO

Tentu saja sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, belajar agar menjadi seorang SEO Specialist memiliki banyak keuntungan, seperti:

  1. Peluang karier yang luas: dengan semakin banyaknya bisnis yang beralih ke platform online, permintaan akan spesialis SEO terus meningkat. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, ini memberi peluang besar untuk memasuki industri kreatif berbasis digital yang sedang berkembang dan menjanjikan.
  2. Keterampilan yang berharga: Belajar SEO akan memberimu pemahaman mendalam tentang cara kerja mesin pencari dan cara mengoptimalkan situs web agar terlihat lebih baik di mata mesin pencari. Ini bukan hanya keahlian teknis, tapi juga mengasah berpikir kritis dan kreativitas dalam menerapkan strategi SEO agar menghasilkan tulisan yang SEO friendly.
  3. Kesempatan untuk belajar konsisten komunikasi digital: Prospek digital terus berubah dan berkembang. Memahami tren baru dan algoritma terkini adalah bagian tak terpisahkan dari pekerjaan sebagai SEO Specialist nantinya serta tentu saja ini berkaitan dengan capaian pembelajaran Ilmu Komunikasi yang selalu mengamati perkembangan teknologi dari sisi komunikasi. Sehingga, ini dapat menjadi kesempatan yang menarik bagi mereka yang senang dengan teknologi dan digitalisasi.
  4. Pengaruh positif pada bisnis: Dengan menjadi praktisi SEO, kamu akan memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif pada bisnis, khususnya perihal optimasi konten sebuah produk. Karena, kemampuan meningkatkan peringkat situs web dan mengarahkan lalu lintas organik (organic traffic) bisa memberikan keunggulan yang signifikan bagi perusahaan.
  5. Dibutuhkan di Digital Marketing: Kemampuan SEO yang kuat juga membuka pintu bagi pengembangan bisnis pada komunikasi pemasaran digital. Digital marketing menjadi mata kuliah yang melengkapi pembelajaran Ilmu Komunikasi saat ini. Maka dari itu, belajar SEO menunjang potensi kamu dalam mengoptimalkan skill digital marketing kamu dengan menerapkan SEO di berbagai inovasi pemasaran produk dan layanan.
  6. Belajar menciptakan konten berkualitas: Ketika mempelajari SEO, kamu juga akan belajar tentang analitik web, strategi pemasaran digital, dan bahkan optimasi konten informatif yang SEO friendly. Ini akan memperluas wawasanmu dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan media sosial, public relation, dan media jurnalistik.

Mempelajari SEO (search engine optimization) sebagai calon talenta digital bukan hanya tentang memperoleh keahlian teknis di bidang digital saja, tetapi juga tentang membuka pintu masa depan yang adaptif dengan tren komunikasi digital.

Hal tersebut dapat menjadi landasan yang kuat untuk karier yang sukses dan menarik, maka penting sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi tekun melihat peluang-peluang kemampuan digital yang dapat meningkatkan kualitas hardskill serta softskill.

Wadah Belajar Teknik SEO

Jika kamu bingung mencari wadah belajar atau platform berlangganan yang menyediakan kursus SEO Specialist, kamu dapat mencarinya di rekomendasi berikut:

  • SEO Fundamental oleh MySkill
  • Bootcamp SEO Specialist oleh Jobhun Academy
  • Full Stack Digital Marketing Program oleh RevoU
  • SEO Course oleh DigitalSkola
  • SEO Courses oleh Semrush
  • Copywriting & SEO oleh Skill Academy Ruangguru

Menarik bukan? Yuk segera mempelajari bidang SEO, siapa tahu SEO Specialist adalah pekerjaanmu di masa depan!

Penulis: Gusti Ayu Made Kayika (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur)

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait