KampusPertanianPeternakan

“Ratu Cacing” Beri Kuliah Umum Pertanian Berkelanjutan di UNES

Dr. Ir. Ni Luh Kartini, M.S Dosen Ahli Cacing Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Universitas Udayana Bali memberikan Kuliah Umum dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang, Jumat (11/10) kemarin di Lantai IV Gedung Fakultas tersebut.

Kuliah Umum itu dibuka secara resmi Rektor Universitas Ekasakti Padang Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum, dihadiri Dekan, Wakil Dekan dan Dosen dilingkungan Fakultas Pertanian, juga kelihatan hadir Wakil Rektor III Unes Mahmud R Bara. Kuliah Umum kali ini Fakultas Pertanian mengusung tema “Implemenmtasi Sustainable Development menuju Industri 4.0.

Dr. Otong Rosadi, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada narasumber Ni Luh Kartini yang mau membagi ilmu kepada mahasiswa Fakultas Pertanian UNES untuk peningkatan wawasan dan pola fikir dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat Sumatera Barat.

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) berkelanjutan perlu adanya keseimbangan masa hidup sekarang, konsep pembangunan Indonesia kata Otong adalah konsepsi yang pernah diimplementasikan dalam pembangunan di Indonesia. Salah satu tokoh pentingnya adalah tokoh Minangkabau, Prof. Dr. Emil Salim, yg dipercaya Pemerintahan era Presiden Soeharto.

Kepada mahasiswa yang ikut dalam kuliah umum itu, dimintanya agar menggali ilmu yang dipaparkan oleh narasumber, pergunakan kesempatan baik ini dalam diskusi tanya jawab untuk menambah ilmu, sehingga bisa diterapkan dimasyarakat nantinya.

Dr. Ni Luh Kartini lebih banyak mengupas materi organik dari pada kimia, ada 5 kunci ke organik masing-masing sumber alam, sumber daya berkarakter, teknologi, pasca panen dan pasar. Kalau ini sudah terpenuhi dengan sendirinya pendapatan petani meningkat.

Dalam hal ini yang penting outcome nya bukan bertani nya, meningkatkan kesejahteraan petani, tanah di Sumatera Barat pada umumnya subur dan jangan banyak mengunakan kimia. Hasil tanaman organik lebih baik untuk kesehatan dari pada tanaman yang menggunakan kimia, hasil yang kita makan bersih dan tidak ada residu pesida. Ujar narasumber itu.

Kita bisa hidup dengan alam kita sendiri dengan memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita, membangun ekonomi kreatif dengan sistim pertanian organik terpadu. Pertanian organik fokus pada sosial budaya, ekologi dan ekonomi.

Selesai acara kuliah umum dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari Universitas Ekasakti Padang kepada narasumber Dr. Ir. Ni Luh Kartini, MS oleh Dekan F akultas Pertanian UNES Dr. Ir. I Ketut Budaraga, MSi dan Foto besama.

 

(Humas UNES-AAI)

Facebook Comments

Tags

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Close
Close
%d blogger menyukai ini: