Teknologi

Mahasiswa Teknik India Beberkan Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat

SUARPANTAU.COM – Pernahkah anda membuka toolbar Alexa rank? Dikalangan blogger, situs ini kerapkali dijadikan acuan status peringkat atau penilaian yang diberikan kepada blog atau website.

Tahukah anda, bahwa perhitungan peringkat alexa sebenarnya tidak begitu akurat untuk dijadikan acuan kualitas sebuah blog atau website.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Paramvir Singh, seorang mahasiswa Institut Chandigarh Engineering College. Sebuah perguruan tinggi terkemuka dengan jumlah hak paten di India. Berlokasi di distrik Sahibzada Ajit Singh Nagar, Punjab, tidak jauh dari kota Chandigarh dan Mohal India.

Berdasarkan penelusuran redaksi Suarapantau.com, Paramvir Singh mengemukakan perhitungan peringkat Alexa.com berdasarkan jumlah tautan situs (sites linking) pada sebuah website.

Sehingga semakin banyak backlink akan semakin memperkuat posisi rangking. Tautan situs pada laporan Alexa akan diperbarui tiap seminggu untuk semua situs.

“Alexa tidak menghitung tautan yang muncul dalam hasil pencarian di mesin pencari utama seperti Google, Bing, dll.Tetapi menghitung tautan dari URL non-pencarian di mesin pencari,” tulis Paramvir, dalam sebuah situs tanya jawab, quora.com.

Lanjut mahasiswa teknik ini, proses crawling (perayapan) Alexa menghitung jumlah situs yang terhubung, bukan jumlah halaman.

Alexa tidak memuat Tampilan Halaman Harian per Pengunjung, Waktu Harian di Situs dan Persentase kunjungan dari Pencarian, serta berbagai Demografi, daftar situs yang menghubungkan dan bahkan kecepatan halaman atau waktu muat.

“Jika alexa tidak dapat mengukur lalu lintas dari halaman tertentu, maka itu kurang,” tegasnya.(*)

Facebook Comments
Tags

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Close
Close
%d blogger menyukai ini: