Kesehatan

Guna Edukasi, DPRD DKI Minta Kemenkes RI Umumkan Cara RS Tagani Pasien Corona

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Thopaz N Syamsul meminta Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI ataupun Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait mengumumkan cara penanganan rumah sakit (RS) terhadap pasien yang terkena virus corona (covid-19).

“Sebaiknya umumkan cara penanganan pasien positif corona di rumah sakit itu seperti apa, apa yang perlu untuk dilakukan dan apa yang dibutuhkan oleh tubuh si pasien. Toh, virus corona ini belum ada antivirusnya,” kata Thopaz di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Hal itu Thopaz utarakan karena memang sejauh ini antivirus dari virus corona ini belum ditemukan. Serta tidak ada salahnya jika Kemenkes ataupun Dinkes dapat menginformasikan ke publik langkah apa saja yang dilakukan pihak rumah sakit ketika menangani pasien positif corona tersebut.

“Tujuannya agar masyarakat teredukasi, dan tau apa yang harus dilakukannya ketika terpapar ataupun terindikasi positif corona. Dan nantinya masyarakat juga bisa mengisolasi diri sendiri dan tau apa yang harus dilakukannya,” ujar Thopaz N Syamsul.

“Misalnya di rumah sakit si pasien positif corona diberikan vitamin, buah-buahan, ataupun tindakan lainnya yang memungkinkan masyarakat biasa pun bisa melakukannya. Maka ajarkan kepada masyarakat, informasikan ke publik hal-hal dalam penanganan maupun antisipasi yang dilakukan pihak rumah sakit tersebut,” imbuhnya.

Di sisi lain, Thopaz juga menyoroti soal penambahan ruang tampung atau menambah fasilitas untuk pasien virus corona dinilai kurang efektif dan buang-buang anggaran, “baiknya anggaran tersebut dialokasikan ke bantuan sosial yang mana masyarakat saat ini sedang sangat membutuhkan,” pungkas Thopaz. (co)

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Suara Pantau
%d blogger menyukai ini: