Politik

Andre Rosiade Beberkan Nama Tujuh Pasang Jagoan Gerindra di Pilkada se-Sumbar

SUARAPANTAU.COM, PADANG – Partai Gerindra bakal mengeluarkan SK rekomendasi dukungan kepada sejumlah bakal calon kepala daerah dalam pilkada 2020 mendatang di Sumatera Barat. Hal tersebut, diumumkan oleh Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Dilansir dari JurnalSumbar, Andre menyebutkan, dalam pekan ini, Gerindra kemungkinan akan memastikan dukungan untuk calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak 2020. Sejumlah nama di Kabupaten/Kota sudah fiks dan akan dimaksimalkan untuk memenangkan pertarungan.

“Pekan ini saya akan ke Padang dan membawa sejumlah SK untuk para calon Bupati dan Wali Kota ini. Saya akan bertemu langsung dan memastikan akesiapan mereka untuk bertarung membawa nama besar Partai Gerindra,” kata Anggota Komisi VI DPR RI ini, Sabtu (19/7/2020) kepada posmetropadang.co.id.

Andre memberikan sedikit “bocoran” siapa saja yang akan diusung oleh partainya, berkoalisi atau tanpa koalisi.

Salah satu yang hampir pasti adalah Erman Safar di Pilwako Bukittinggi. Kader Gerindra itu akan dipasangkan dengan kader senior PKS Marfendi untuk melawan incumbent, Ramlan Nurmatias-Syahrizal (eks Kadis Pertanian Bukittinggi).

Andre menilai, Erman Safar yang sudah jauh-jauh hari memerkenalkan diri kepada warga Bukittinggi itu memiliki peluang yang besar.

“Kami melihat dan mendengar sendiri banyak masalah di Kota Bukittinggi yang belum dapat diatasi incumbent, artinya peluang pembawa perubahan sangat tinggi,” kata Andre yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Selain itu, di Pasaman Barat, kata Andre, juga ada nama mantan pejabat BPD Sumbar atau Bank Nagari H Maryanto yang akan maju sebagai calon Bupati. Karena kursi Gerindra kurang, maka koalisi dengan PKB menjadi alternatif dengan bakal calon Wakil Bupati Yulisman.

“Kami rasa pasangan ini sudah oke dan bisa dimajukan,” kata Andre lagi.

Di Padangpariaman, kader senior Gerindra yang juga ketua DPC Gerindra Padangpariaman Happy Neldy kemungkinan besar akan maju sebagai bakal calon wakil Bupati. Dia akan mendampingi ketua umum PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Piaman) H Refrizal. “Ustaz Refrizal-Happy Neldy bisa saja kami usung, karena peluang menangnya besar,” kata Andre.

Untuk Kabupaten Pesisir Selatan, katanya, tentunya kader utama gerindra yang juga Ketua DPD Gerindra Pessel Rusma Yul Anwar adalah pilihan utama. Apalagi, Rusma juga Wakil Bupati incumbent yang sudah dikenal masyarakat.

“Kita lihat saja, apa yang terjadi di pekan depan. Siapa yang akan mendampingi da An (sapaan Rusma),” kata Andre.

Kabupaten SOlok yang juga menjadi basis suara Gerindra, kata Andre, kemungkinan besar akan memunculkan nama Nofri Candra (NC), eks anggota DPD RI sebagai calon Bupati.

“Untuk wakilnya kita akan majukan kader-kader Gerindra. Tapi tak menutup kemungkinan juga ada nama-nama lain,” kata Andre Rosiade.

Dharmasraya yang juga memiliki tiga kursi, menurut Andre, bisa saja berkoalisi dengan incumbent Sutan Riska (SR) dari PDI Perjuangan. Kader Gerindra Rosandi Sanjaya tentu orang yang tepat untuk maju, karena menjadi anggota DPRD Dharmasraya dengan suara tertinggi. “Belum pasti, apa Gerindra maju sendiri jadi nomor satu atau ikut incumbent. Masih diskusi,” kata Andre.

Untuk Sijunjung, sebut Andre, kemungkinan akan mengusung pasangan Incumbent Wakil Bupati Arrival Boy berkoalisi dengan Partai Golkar. Untuk calon wakilnya, bisa jadi dr Mendro Suarman yang punya basis cukup kuat. “Kita masih diskusikan dengan Ketua DPC Gerindra Sijunjung Syahril Syamra,” kata Andre.

Limapuluh Kota yang juga dimenangi oleh Gerindra dalam Pileg 2019 lalu, kemungkinan besar akan menjagokan pasangan M Rahmad dan mantan pelatih tim nasional Indonesia Nil Maizar.

“Kami sudah hampir memastikan berkoalisi dengan partai yang mengusung coach Nil di Pileg lalu, NasDem. Kita tunggu saja,” sebut Andre.
Untuk sejumlah daerah lainnya, kata Andre, sebenarnya juga sudah ada nama-nama yang akan dimajukan.

Namun, dia belum mau “membocorkan” karena masih dalam diskusi yang cukup hangat. Seperti di Kabupaten Pasaman, Agam, Kota Solok dan Tanahdatar.

“Kami akan finishing segera dan umumkan kepada masyarakat setelah SK ditandatangani Ketum Gerindra Pak Prabowo dan Sekjen Ahmad Muzani. Agar tak ketinggalan start sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.(*)

Facebook Comments

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Suara Pantau
%d blogger menyukai ini: