Thopaz Nugraha Kampanyekan Belanja di Toko Kelontong untuk Gerakkan Ekonomi Mikro

Anggota DPRD DKI Jakarta F-Gerindra Thopaz Nuhgraha Syamsul

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Anggota DPRD DKI Jakarta F-Gerindra Thopaz Nuhgraha Syamsul mendorong masyarakat untuk belanja di Toko Kelontong terdekat di wilayahnya masing-masing. Thopaz prihatin, saat ini banyak pedagang kecil yang gulung tikar.

“Saya amat prihatin karena saat ini banyak UMKM atau Toko Kelontong yang terengap-engap usahanya, maka saya inisiatif kampanyekan ke masyarakat agar belanja di warung kelontong terdekat di wilayah masing-masing,” ujar Thopaz di Jakarta, Senin (26/7/2021) kemarin.

Di tengah-tengah keprihatinannya tersebut, Thopaz melihat di sisi lain ada minimarket semakin merebak keberadaannya dan tidak begitu terdampak oleh pandemi covid-19 ini,”

Oleh karenanya, Politisi muda Gerindra itu meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar meninjau kembali aturan mainnya bagaimana demi asas keadilan ekonomi.

“Pak Anies harus mengecek kembali terkait aturannya. Apakah minimarket ini sudah sesuai aturan yang ada, contoh kecilnya dari izin, zonasi hingga jam operasional pun harus dicek kembali,” tegas Thopaz.

Lebih jauh, Thopaz khawatir semakin merebaknya minimarket modern ini nantinya dapat berujung monopoli ekonomi di sektor ritel. Sedangkan pedagang kelontong atau warung-warung kecil punah secara perlahan.

“Saya tidak ada niat membatasi ekspansi minimarket-minimarket modern, namun demi asas keadilan ekonomi serta saya juga peduli terhadap warung-warung kecil dan pedagang kelontong agar mereka juga dapat berkembang bisnisnya. Lagipula, saya khawatir jika merebaknya minimarket ini suatu saat akan terjadi monopoli ekonomi di sektor ini,” ungkap Thopaz.

Oleh karena itu, sekali lagi Thopaz berharap agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat mengecek mininarket-minimarket ini. Dan tidak hanya itu, Gubenur Anies juga ke depan bisa lebih memberdayakan dan mendukung UMKM atau pedagang kecil di Jakarta.

“Artinya, Pak Anies bisa memberikan kesempatan kepada pedagang-pedagang kecil untuk berkompetisi dengan minimarket atau ritel modern lainnya. Hal ini penting agar pedagang-pedagang kecil pun bisa turut berkembang dan maju perekonomiannya,” pungkas Thopaz.

(*/rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait