Muncul Varian Delta, Jokowi Sebut Alasan Tak Pilih Lockdown

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok. Facebook/Presiden Joko Widodo)

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan soal Indonesia tak bisa menerapkan lockdown seperti negara lain. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka.

Jokowi menyebut PPKM darurat saja sudah membuat banyak masyarakat menjerit agar pembatasan segera dilonggarkan. Jokowi awalnya mengatakan pandemi ini telah berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Saya tahu bahwa Bapak-Ibu semuanya sekarang ini pada kondisi yang tidak mudah, bener? Sangat sulit, bener? Tapi itu dirasakan oleh semuanya. Tidak hanya Bapak-Ibu sekalian, usaha mikro. Tidak yang hanya usaha kecil, tidak hanya yang usaha sedang, menengah juga usaha besar, semuanya pada kondisi yang sangat-sangat tidak mudah, sangat sulit, dan itu juga tidak hanya dirasakan oleh pengusaha-pengusaha di Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia semuanya kondisinya sama,” kata Jokowi disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Selain itu, Jokowi menegaskan aspek kesehatan dan ekonomi harus sama-sama dipertimbangkan dalam penanganan COVID-19. Atas hal itu pula, Jokowi menyatakan Indonesia tak bisa menerapkan lockdown seperti negara lain.

“Sekali lagi kita ini selalu yang kita jalanan sisi kesehatannya bisa kita tangani, tetapi sisi ekonominya juga pelan-pelan harus kita jalankan, nggak bisa kita tutup seperti negara lain, lockdown. Lockdown itu artinya ditutup total,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan semi-lockdown saja sudah berdampak signifikan terhadap masyarakat. Bagi Jokowi, lockdown total pun belum tentu bisa menyelesaikan masalah.

“Kemarin yang namanya PPKM darurat itu kan namanya semi-lockdown. Itu masih semi saja sudah, saya masuk ke kampung, saya masuk ke daerah, semuanya menjerit, minta untuk dibuka. Saya rasa Bapak-Ibu juga sama, mengalami yang sama,” ujar Jokowi.

“Kalau lockdown, kita bisa bayangkan dan itu belum juga bisa menjamin dengan lockdown itu permasalahan menjadi selesai,” imbuh Jokowi.

(*)

Facebook Comments

Pos terkait