Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu

Kondisi Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu

SUARAPANTAU.COM, KAPUAS HULU – Banjir yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu sedikitnya merendam Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara dengan ketinggian sekitar 1 hingga 3 meter. Banjir tersebut membuat akses lumpuh total, Minggu, (3/10/2021).

Kendaraan roda dua dan empat tidak bisa melintas, seluruh jalan terendam banjir di ruas jalan nasional di jalan Lintas Selatan Kecamatan Putussibau Selatan.

Diketahui, sekitar ratusan rumah warga sudah terendam banjir di wilayah Kecamatan Putussibau Utara dan Putussibau Selatan, dan sebagian korban banjir sudah mengungsi di kediaman rumah keluarga atau kerabat yang tidak terkena banjir,

Sedangkan berdasarkan data hari Sabtu 2 September 2021 kemarin dari BPBD Kapuas Hulu melaporkan sudah 7 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu telah terendam banjir, yaitu Kecamatan Bunut Hulu, Putussibau Utara, Kalis, Seberuang, Silat Hulu, Silat Hilir, Putussibau Selatan, dan Kecamatan Mentebah.
kondisi air banjir bertahan, tidak seperti kemarin dan malam hari.

“Sekarang debet air bertahan,” ujarnya.

“Banjir terjadi karena curah hujan beberapa hari belakangan ini cukup tinggi, sehingga membuat debet air sungai Kapuas tinggi, dan merendam sejumlah pemukiman masyarakat serta ruas jalan,” ucap Gunawan.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar lebih waspada terutama banjir, dan tanah longsor.

“Masyarakat harus lebih waspada terkait banjir,” ungkapnya.

(*/rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait