Mahasiswa Universitas Pamulang Melaksanakan PKM di Madrasah Ibtidaiyah Wanul Huda 1

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, DEPOK – Mahasiswa Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) – Wanul Huda 1, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Jumat, 3/12/2021.

Salah satu Kegiatan PKM mahasiswa tersebut adalah memberikan pelatihan dan memperkenalkan fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Office kepada para peserta didik.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengusung tema “Pengenalan Teknologi Informasi dan Pelatihan Keterampilan Komputer Dasar Bagi Siswa/i sekolah dasar” kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00-11.00 WIB diruang kelas MI Unwanul Huda 1.

Ketua kegiatan ( PKM ), Febri Yanti Adnan menyatakan, pengenalan terhadap teknologi sejak dini harus diterapkan pada era ini. Sebab saat ini pengembangan teknologi diindonesia cukup pesat, segala informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat. Sehingga kita bisa mendapatkan materi belajar dengan mudah dan gratis. Terdapat juga platform yang menunjang kegiatan belajar salah satunya Microsoft Office.

Selain itu, Febri menuturkan, Dalam Microsoft Office terdapat beberapa aplikasi yg bisa dapat kita gunakan untuk belajar, salah satunya adalah Microsoft word, Microsoft word sering kali digunakan oleh kalangan pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran. Karena terdapat banyak fitur didalamnya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kita dengan mudah dan efektif.

Kegiatan dimulai oleh Qiera Kamilah sebagai MC. Setelah pembukaan acara, selanjutnya adalah sambutan- sambutan. Sambutan pertama dilangsung dibawakan oleh ketua Madrasah Unwanul Huda 1 Ibu nuryah S,ag , sambutan kedua dibawakan oleh ketua kelompok kita yakni Febri Yanti Adnan.

Acara selanjutnya yakni Pengenalan atau pemberian materi yang disampaikan oleh Arby , Ifrianto , dan Sigit Prastiyo Mengenai Penggunaan Microsoft Word. Sejarah, fitur-fitur serta jenis paper apa saja yang ada pada Microsoft word. Kemudian dilanjutkan dengan Praktik penggunaan Microsof word yang dilakukan oleh saudari Febri Yanti Adnan.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru dan Dosen, dengan memanfaatkan teknologi informasi menjadi salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengajar. Pemahaman IT bukan hanya digunakan sebagai respon bagi perkembangan zaman, tetapi juga sebagai kewajiban pendidik untuk memenuhi kompetensi tersebut.

Penggunaan teknologi perangkat lunak dengan aplikasi pengolah data sangat dibutuhkan di dunia pembelajaran. Hal ini dikarenakan sangat membantu proses pembelajaran serta mempermudah para pelajar dan pendidik ketika membuat materi pembelajaran.

Dengan menggunakan aplikasi pengolah data tersebut dapat menciptakan sebuah proses pembelajaran yang sistematis dan menarik. Perkembangan teknologi khususnya untuk kalangan pelajar bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan aplikasi yang mudah.

Lebih lanjut, Febri mengatakan, Microsoft word juga merupakan aplikasi yang paling sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Aplikasi tersebut digunakan dalam menyampaikan materi-materi dengan metode komputerisasi sehingga proses pembelajaran menjadi tidak monoton.

Dengan microsoft word pula, pembuatan sebuah dokumen pembelajaran menjadi lebih menarik serta dapat menambahkan gambar dalam dokumen yang akan kita buat tersebut. Penggunaan microsoft word juga mampu untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam penulisan serta mengurangi penggunaan kertas yang dapat merusak lingkungan.

“Akhir dari materi ini, adalah dengan diberikannya praktek membuat celengan dengan bahan sederhana yaitu dari kardus bekas makanan yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab serta adanya Kuis. Diharapkan setelah mengikuti Pengabdian Kepada Masyakat ini anak-anak memahami uang yang mereka miliki tidak hanya digunakan untuk membelikan suatu barang tapi juga dapat membantu kehidupan orang lain.” Pungkas febri

Penutupan kegiatan PKM dibuka dengan pembagian snack kepada para peserta. Selanjutnya, pada pukul 12.00 WIB Di lanjutkan dengan sesi tanya jawab perwakilan dari masing-masing kelompok, dan diakhir kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cendramata sebagai kenang-kenagan atas pelaksananaan kegiatan yang telah membantu dan bekerjasama selama penyelenggara kegiatan ini kepada Kepala Sekolah Madrasah Unwanul Huda 1, Ibu . Nuryah S,ag.

“Tetap semangat bagi mahasiswa yang belum melaksanakan kegiatan PKM jangan lupa dijaga protokol kesehatan. Berikan ilmu yang bermanfaat bagi sesama dan tetap jaga selalu nama baik Almamater Universitas Pamulang.” tandas

Untuk diketahui, adapun nama-nama mahasiswa yang melakukan kegiatan PKM ini diantarnya:
Febri Yanti Adnan ( 191011402751 )
Qiera Kamilah ( 191011402269 )
Cindi Setiawan ( 191011402810 )
Sigit Prastiyo ( 191011402768 )
Ibnu Adi Saputra ( 191011402788 )
Arif dewanto (191011402648)
Arbi harianto ( 191011402823)
Muhammad Rangga Junior (191011400964)
Ifrianto (191011402775)
Azhar muhammad azzamy (191011402775)

(Red:Ld

Facebook Comments

Pos terkait