Terpapar Omicron, Empat Warga Kabupaten Bandung Kini Diisolasi

  • Whatsapp
Ridwan Kamil

SUARAPANTAU.COM, BANDUNG – Pemerintah kian massif melakukan pengawasan terhadap varian baru Covid-19 yakni Omicron.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengonfirmasi ada empat warga Kabupaten Bandung terpapar Covid-19 varian Omicron.

Empat warga itu saat ini tengah menjalani perawatan dan penanganan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan.

“Iya (disolasi) di Al Ihsan, ada empat orang,” kata Ridwan dikutip dari CNN Indonesia, Senin (10/1/2022).

Meski begitu, Emil, sapaannya mengaku belum mendapatkan laporan rinci terkait warganya yang terpapar Omicron tersebut.

“Belum ada laporan eta timana kumaha (itu darimana dan bagaimana), tapi yang namanya Omicron semua bocornya dari bandara atau perbatasan. Nanti dilapori sumber pelaporannya,” ujar mantan Wali Kota Bandung tersebut.

Emil menyatakan, sejak awal pihaknya telah bersiaga menghadapi varian Covid-19 termasuk Omicron. Namun penanganan Omicron menurutnya sama saat menghadapi varian Delta.

“Dari awal juga kita selalu siaga. Kalau ada, sudah masuk ke penyebaran lokal, apapun itu, apa yang sudah, kita pengalaman selama delta kita praktikkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana membenarkan terpaparnya empat warga oleh varian Omicron. Kasus itu, kata dia, bermula dari salah seorang warga yang pulang dari Afrika beberapa waktu lalu.

“Mr. X melakukan perjalanan dari Afrika. Karena baru pulang dari negara dengan ada kasus omicron, dilakukan isolasi,” katanya saat dihubungi.

Warga Soreang tersebut kemudian menjalani isolasi selama dua pekan di Wisma Atlet. Setelah karantina di Wisma Atlet, Mr. X pulang ke Kabupaten Bandung dan melakukan isolasi selama 10 hari.

Setelah menjalani isolasi cukup lama, warga tersebut malah mengalami gejala Covid-19. Mengingat riwayat perjalanan dari luar negeri yang terdapat kasus Omicron, dilakukan tes swab PCR terhadap Mr. X oleh Pemprov Jabar.

“Jumat, 7 Januari 2022, hasilnya dinyatakan positif Omicron,” ucap Grace.

Keluarga suspek Omicron kemudian di-tracing oleh petugas medis. Hasilnya, empat orang positif Covid-19, tiga di antaranya merupakan varian Omicron.

Total ada lima orang warga Kabupaten Bandung tersebut sedang menjalani perawatan di RSUD Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung. Sebanyak empat orang di antaranya terkonfirmasi Omicron.

 

(*)

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait