Dinas PU Makassar Akan Bangun Jembatan Layang Mulai dari Rotterdam hingga Mal Pipo

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Pemerintah kota Makassar, melalui Dinas PU Makassar akan membangun jembatan layang bernama ‘Japparate’ mulai dari Benteng Rotterdam hingga Mal Pinisi Point (Pipo).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan, konsep Japparate layaknya jembatan Cihampelas yang ada di Bandung.

Bacaan Lainnya

“Tetapi Pemkot Makassar akan mendesain lebih bagus dan canggih lagi dari pada itu. Konsepnya kayak Cihampelas, tapi lebih bagus lagi. Bangunannya beton kayak tol layang di Pettarani,” ucap Zuhaelsi Zubir, Jumat (14/01/22).

Jembatan layang ini akan menjadi fasilitas publik, salah satu jalur pedestrian persembahan Pemkot Makassar.

Selain untuk pejalan kaki, warga juga bisa berolahraga di tempat tersebut, seperti jogging dan bersepeda.

“Dari sisi ekonominya, akan ada pedagang-pedagang yang berjualan di area tersebut. Ada destinasi kuliner juga, agar tempat tersebut menjadi pusat ekonomi baru,” terangnya.

Tempat ini diharapkan menjadi serbuan para wisatawan lokal dan mancanegara nantinya, karena pengunjung bisa langsung menikmati indahnya panorama pesisir Makassar dan juga melihat senja saat sore hari

Adapun anggaran yang disiapkan yakni Rp20 miliar untuk tahap pertama pada tahun 2022.

“Saat ini tahapan pembangunan japparate masih tahap penyempurnaan perencanaan atau Detail Engineering Design (DED). Target, Januari ini perencanannya sudah bisa masuk dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), lalu ditarget tender pada Februari mendatang,” pungkasnya. (*)

Facebook Comments

Pos terkait