Pemkot Parepare Lepas Ribuan Beras Peduli, Taufan Pawe : Sebagai Bentuk Percepatan Pengentasan Kemiskinan

SUARAPANTAU.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe memimpin pelepasan penyaluran bantuan Rastra Daerah atau Beras Peduli di pelataran Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Jumat (4/8/2023).

Pelepasan turut dihadiri Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, Forkopimda, Plh Sekda Kota Parepare, HM Husni Syam, Staf Ahli, Asisten, para Kepala SKPD termasuk Kepala Dinas Sosial Parepare Hasan Ginca, Camat dan Lurah, serta para penerima bantuan.

Taufan Pawe dalam sambutannya mengatakan, penyerahan bantuan Beras Peduli merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota Parepare dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan bantuan Beras Peduli ini, diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran para Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

“Salah satu upaya pemerintah dalam percepatan pengentasan kemiskinan adalah pemberian bantuan, yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat saja namun pemerintah daerah pun harus turut andil dalam percepatan pengentasan kemiskinan di daerahnya. Seperti yang sekarang kita laksanakan,” kata Taufan Pawe.

Taufan Pawe mengemukakan bahwa berbagai upaya penanggulangan kemiskinan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa dukungan dari semua pihak dan yang terpenting adalah diperlukan kesamaan persepsi dan tindakan dalam penanggulangannya. Olehnya itu, diharapkan Ketua RT, RW, dan LPMK membantu setiap program penanggulangan kemiskinan karena lebih banyak mengetahui kondisi warganya.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu menjelaskan Beras Prasejahtera Daerah adalah bantuan pangan dalam bentuk beras yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk disalurkan setiap bulannya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu keluarga kurang mampu dan eks penyandang kusta tanpa dikenakan biaya tebus/harga.

Beras yang disalurkan adalah beras berkualitas medium sejumlah 5 kg setiap bulannya untuk keluarga kurang mampu dan 15 kg setiap bulan untuk eks penyandang kusta.

Kepala Dinas Sosial Parepare Hasan Ginca menambahkan, pada tahap ketiga tahun ini, launching Beras Prasejahtera Daerah disalurkan kepada 1.820 KPM masyarakat kurang mampu dan 32 KPM eks penyandang kusta di Parepare. Setiap KPM penerima Beras Prasejahtera mendapatkan beras kualitas premium. “Dan beras diterima oleh KPM di rumah masing-masing,” ungkap Hasan.

Hasan menekankan, program ini bertujuan untuk membantu masyarakat pra sejahtera mendapat cukup pangan dan nutrisi karbohidrat tanpa kendala.

“Program ini telah dianggarkan dalam APBD tiap tahunnya yang di dalamnya sudah ada anggaran transportasi dari titik distribusi ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dilakukan oleh petugas yang telah ditunjuk oleh Kelurahan,” tandas Hasan.

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait