Peringati HSN, Basmin Sebut Santri Punya Peran Wujudkan Visi Luwu

SUARAPANTAU.COM, LUWU – Bupati Luwu, Basmin Mattayang menjadi inspektur upcara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023.

Pelaksanaan upacara itu sendiri dihadiri santri se-Kabupaten Luwu dan berlangsung dengan sangat khidmat di Lapangan Andi Djemma, Belopa, Minggu (22/10).

Pada kesempatan itu, Basmin membacakan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas. Ia mengatakan sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun menyelenggarakan peringatan hari santri.

“Tiap tahun mengusung tema yang berbeda. Sementara untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri,” kata Basmin.

Menurutnya, tema yang diangkat ini memiliki maksud mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual.

“Para santri adalah pahlawan pendidikan dan pejuang kebodohan, terutama di era transformasi digital saat ini,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Basmin juga memberikan komentar bahwa santri memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan nilai-nilai agama dan morah dalam masyarakat.

“Keberadaan santri mendorong dalam mewujudkan visi Pemkab Luwu yakni Kabupaten Luwu yang maju, sejahtera dan mandiri dalam nuansa religi,” pungkasnya. (rls/*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait