Sufmi Dasco Imbau Kepala Daerah Tak Umbar Data Pribadi Pasien Corona

SUARAPANTAU.COM, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco mengimbau kepada semua kepala daerah untuk tidak menyebarkan data pribadi terhadap pasien yang terkena virus Korona atau Covid-19.

“Saya pikir DPR RI mengimbau kepada kepala daerah untuk tidak mengekspos data dari pasien,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Karena itu meminta kepada kepala daerah atau pemerintah daerah jika ada warga yang diduga terkena virus Korona segera melakukan langkah-langkah sesuai dengan prosedur, bukan malah membuat kegaduhan dengan mengeskpos identitasnya.

“Jadi saya mengimbau kepada pemerintah daerah langkah-langkah yang dilakukan itu kalo sudah tau tempat, domisili tinggal koordinasi dengan pihak terkait seperti kemenkes dan lain-lain untuk langkah prefentif. Supaya lingkungan sekitar tidak terkena virus tanpa kemudian menimbulkan kepanikan,” jelas dia.

Politikus Partai Gerindra ini pun menyayangkan data pribadi dua pasien virus Korona berdomisili Depok yang sudah tersebar.

“Ini saya sayangkan. Sebenarmya kepala daerah harus memilih iklim kondusif. Nah dan juga data pribadi pasien juga dilindungi oleh undang-undang untuk kemudian tidak disebar luaskan walaupun oleh otoritas yang kemudian berwenang untuk itu,” ujar Dasco.

Sebelumnya diberitakan, dua orang WNI yang terinfeksi virus korona telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Keduanya diduga tertular penyakit ini setelah berinteraksi dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.(*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait