Workshop ETDC Indonesia Hadirkan Narasumber dari LLDIKTI Wilayah IX

  • Whatsapp
Ketua TIM Pengembangan Materi UPSDM LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Khaeruddin - SUARAPANTAU.COM/IST

SUARAPANTAU.COM – Workshop Assesmen Kompotensi Minimum Education and Talent Development Center of Indonesia (ETDC Indonesia), Sabtu (30/1/2021).

Diketahui, kedepannya siswa tidak lagi melaksankan Ujian Nasional (UN), tetapi hanya mengikuti Assesmen Nasional (AN).

Ketua TIM Pengembangan Materi UPSDM LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Khaeruddin memaparkan tiga komponen Asesmen Nasional yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan (SL).

“Kebijakan AKM yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yang diarahkan pada literasi dan numerasi,” ujar Khaeruddin, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi (31/1/2021).

Ia mennyebutkan, perancangan AKM yang menitikberatkan pada kemampuan literasi dan numerasi ini dilatarbelakangi oleh hasil penelitian Programme for International Student Asessment (PISA). Bahwa masih rendahnya literasi membaca di Indonesia.

“Hasil riset PISA 2018 literasi membaca siswa kita hanya 30% yang memenuhi kompetensi minimal, 70 % anak didik kita yang disurvei itu berada di bawah kompetensi minimal. Hasil survei PISA yang dilakukan setiap empat tahun sekali ini masih sangat rendah”, tambahnya.

Sementara itu, Direktur ETDC Indonesia, Sirajuddin, M.Pd mengatakan pihaknya akan terus mendorong realisasi assesmen nasional agar bisa terealisasi dengan baik.

“Berbagai diskusi akan terus kita lakukan termasuk kedepannya membangun kemitraan yang baik dengan berbagai stakeholder pendidikan guna memastikan peningkatan kualitas layanan pendidikan kedepannya,” ujar mahasiswa program doktoral Universitas Negeri Malang ini.

Diketahui, ETDC Indonesia merupakan lembaga resmi yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI, dengan membatu pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Secara khusus peningkatan kualitas Pendidikan di Sulawesi Selatan.(*)

Facebook Comments