Irmada Ikhsania: Peran Bahasa untuk Meningkatkan Karakter

Irmada Ikhsania, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang

SUARAPANTAU.COM – Peran bahasa dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat atau media untuk berkomunikasi dan mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaan.

Bahasa memainkan peran penting dalam berbagai bidang kehidupan, baik pada tingkat individu maupun konteks sosial (Mailani et al., 2022).

Dalam konteks sosial, bahasa memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk karakter manusi karena bahasa memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, membangun hubungan sosial, dan membentuk identitas sosial yang unik.

Baca Juga: Kesehatan Mental Dalam Islam dan Cara Mengobatinya

Bacaan Lainnya

Bahasa juga memungkinkan kita untuk menyampaikan nilai dan norma, hal itu untuk membangun keselarasan dan keteraturan dalam hidup bersosial.

Bahasa digunakan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Sebagai bahasa yang digunakan dalam pendidikan, bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter.

Hal ini dikarenakan Bahasa Indonsia tidak hanya sekedar alat komunikasi, melainkan juga sarana untuk memahami nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Salah satu cara bahasa Indonesia untuk membentuk karakter adalah dengan membantu pembentukan kepribadian.

Bahasa digunakan seseorang untuk membangun kesadaran diri yang lebih kuat dan memperoleh pemahaman yang lebih tentang nilai-nilai dan tujuan hidup mereka. Melalui bahasa, manusia dapat membentuk arti pandangan hidup yang unik, membentuk karakter dan kepribadian mereka.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *