BMH Merayakan Qurban Bersama Penyintas Gempa Cianjur

SUARAPANTAU.COM – Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) berbagi berkah kurban Idul Adha Qurban 1444 Hijriah bersama masyarakat Kabupaten Cianjur, 29 Juni 2023.

Kegiatan kurban Laznas BMH berlangsung di Pasir Gombong, Desa Sukamulya, Cugenang. BMH mendistribusikan 26 ekor hewan kurban.

Udin Jaedin sebagai bapak Ketua RW 02 menjelaskan terdapat 189 Kepala Keluarga di wilayahnya, yang tergabung dari RT 01,02 dan 03.

Baca Juga: Link Twibbon Idul Adha 2023 Prabowo Presiden Gerindra Menang

Sebagai orang asli kampung itu, Udin mengaku terharu karena baru kali ini di desanya hewan qurban sebanyak ini yang didatangkan BMH.

“Kami sangat bahagia. Tahun ini qurban paling banyak, sebelumnya nggak pernah sebanyak ini,” ungkap Udin kala ditemui di kediamannya, sesaat menjelang persiapan penyembelihan hewan qurban, Kamis 29 Juni 2023.

Menurutnya, hal ini diantara hikmah dari musibah gempa di Cianjur November tahun lalu.

“Ya syukur, mayoritas warga disini sudah, bisa menerima ujian (gempa) itu,” ucapnya.

Senada dengan Maman, penerima manfaat hunian sementara shelter BMH yang juga mendapat amanah merawat hewan qurban sejak datang jauh hari melihat antusias warga di kampungnya.

“Alhamdulillah masyarakat disini senang sekali, kita gotong royong urus domba,” ujarnya.

Sementara, Koordinator Qurban BMH dari Jawa Barat, Yusef Suhendar menyampaikan biasanya satu KK terdiri dari minimal 4 anggota keluarga.

Berarti satu kambing menghasilkan 18 kantong kresek. Terdapat 26 hewan qurban dengan total 468 kresek.

“Dengan begitu total penerima manfaatnya 756 jiwa, dengan asumsi hitungan 4 orang dalam satu keluarga,” jelas Yusef di lokasi penyembelihan.

Sementara, dalam proses penyembelihan, tampak masyarakat begitu antusias mengikuti penyembelihan.

Para warga ini sudah menanti pembagian yang mana setiap mereka memegang kupon sebagai syarat pengambilan gading.

“Kami mau bilang makasih ke BMH, melaksanakan qurban disini,” ujar Ibu Syarifah tersenyum yang sedang menonton penyembelihan sambil menggendong balitanya.

Sebagaimana diketahui, akhir tahun lalu di bulan November, Kabupaten Cianjur dilanda musibah Gempa dengan kekuatan 5,7 SR.

BMH hadir melalui momentum Idul Adha sebagai bukti program berkelanjutan untuk masyarakat sehat, dengan menyebarkan daging qurban sebagai salah satu makanan sumber gizi bagi masyarakat.

(Rls)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait