Pendidikan

Prof. Dr. Ir. Gunawarman, MT menjadi reviewer penelitian di UNES

Prof. Dr. Ir. Gunawarman, M.T menjadi Reviewer Penelitian di Universitas Ekasakti Padang, Jum’at (4/10) kemarin di Ruang Sidang Rektorat Universitas tersebut. Diikuti 29 orang peneliti Unes-AAI dan STKIP Pariaman, termasuk peneliti pemula.

Pelaksanaan monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal Penelitian Kompotitif Nasional dan Pengabdian Kepada Masyarakat  pendanaan Kemenristek Dikti dilingkuingan Unes tahun 2019, dilakasanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ekasakti.

Kegiatan Monev ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Ekasakti Dr. Otong Rosadi, S.H, M.Hum di Ruang Sidang Rektorat Universitas tersebut, dia menyebutkan penelitan ini sangat mendukung untuk akreditasi program studi (Prodi) Fakultas. Dengan banyaknya penelitian dosen di suatu prodi akan dapat mengangkat  nilai akreditasi Prodi tersebut untuk memperoleh peringkat  Akreditasi dari C ke B dan seterusnya.

Dengan dilaksanakannya Monev Penelitian ini, Rektor mengucapkan terima kasih kepada LPPM, sehingga banyak peneliti dari Unes nantinya mendapat dana peneletian dari Kemenristek Dikti disamping dapat pula digunakan untuk menambah nilai  dalam  peningkatan peringkat akreditasi Prodi.

Prof. Dr. Ir. Gunawarman, M.T menyebutkan monev penelitian ini rutin dilaksanakan untuk mengecek hasil penelitian sejauhmana perkembangan dari penelitian yang kita dilaksanakan. Untuk mendapatkan dana penelitian tingkat nasional persyaratanya  masih yang lama, belum ada peraturan baru.
Bagi peneliti pemula mengusulkan penelitiannya, kelengkapan administrasi, publikasi dan jurnal.

Monev penelitian ini sudah 3 kali dilaksanakan, hasilnya  bagus dan dosen yang ikut selalu bertambah kata Gunawarman. Dia mengaharapkan kepada penulis mulai dari penelitn dasar, penelitian pengembangan dan penelitan terapan. Hasil penelitian yang dibuat  Dosen Senior (Peneliti Senior) maupun Peneliti Pemula di revie oleh Gunawarman, apakah sudah memenuhui kriteria yang ditetapkan Kemenristek Dikti.

Revie Penelitian yang diselenggarakan LPPM Unes itu sangat membantu peneliti pemula untuk mendapatkan dana penelitian Kemenristek Dikti, dengan adanya revie hasil penelitian ini,  para peneliti tahu dimana kekurangan dari hasil penelitian yang dilakukannya.

Selesai acara review penelitian dilanjutkan dengan penyerahan Sertifikat kepada Reviewer Prof. Gunawarman oleh Rektor Unes Dr. Otong Rosadi dan foto bersama.

Facebook Comments

Tags

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Close
Close
%d blogger menyukai ini: