Diplomasi Pertahanan 7 Negara, Prabowo Beri Perhatian Khusus terhadap Alutsista TNI

Menhan Prabowo Subianto (kompas.com/ihsanuddin)
Menhan Prabowo Subianto (kompas.com/ihsanuddin)

JAKARTA, — Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, lawatan Prabowo ke tujuh negara sebagai bentuk perhatian khusus terhadap modernisasi alutsista TNI.

“Beliau akan fokus enam bulan ini pada alutsista dan istilahnya ini komponen utama, perhatian khusus beliau terhadap TNI,” ujar Dahnil di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Dahnil menegaskan kepergian Prabowo ke berbagai negara merupakan upaya diplomasi pertahanan. Baca juga: Prabowo Sudah Sambangi Tujuh Negara Sejak Jadi Menhan, Ini Misinya Bahkan, konsentrasi Prabowo itu membuatnya kerap tak menghadiri undangan seremonial.

“Enam bulan ini Pak Prabowo fokus dengan alutsista, makanya banyak undangan macam-macam masuk ke Pak Prabowo untuk hadir ke acara-acara seremonial itu jarang dihadiri,” ucap dia.

Di sisi lain, lanjut Dahnil, apa yang tengah diperjuangkan Prabowo kerap menuai kritik. Menurut dia, pengkritik terhadap alur kebijakan Prabowo itu pada umumnya tak memahami tentang pertahanan.

“Nah kritik kenapa harus sering ke luar negeri, berangkat dari pengamat politik yang enggak paham tentang pertahanan, padahal tugas Menhan adalah diplomasi pertahanan,” kata dia.

Adapun negara yang sudah disambangi Prabowo, antara lain Malaysia pada 14 November 2019, Thailand pada 17 November 2019, Turki pada 27-29 November 2019, dan China pada 15 Desember 2019. Kemudian, Jepang pada 20 Desember 2019, Filipina pada 27 Desember 2019, dan terakhir ke Perancis pada 11-13 Januari 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Penulis : Achmad Nasrudin Yahya

Editor : Icha Rastika

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait