Gaji Belum Dibayar, Plt Gubernur Sebut Tenaga Honorer RSUD Haji Masuk Skema BLUD

  • Whatsapp

SUARAPANTAU.COM, MAKASSAR – Sebanyak 210 tenaga honorer di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Makassar belum mendapatkan gajinya selama 4 bulan. Total hak berupa gaji pokok yang belum dibayarkan tersebut sekitar Rp. 1,9 miliar.

Belum terbayarnya gaji tenaga honorer di rumah sakit plat merah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel itu diduga karena berstatus pegawai dibawah manajemen RSUD Haji langsung melalui skema Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Bacaan Lainnya

Ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sulsel, Jumat 28 Mei, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengakui hal itu. Karena itu, kata dia, harus ada skema yang dilakukan untuk dituntaskan pembayaran gaji tenaga honorer di RSUD Haji.

“Pembayaran TPP Pemprov itu sudah selesai sebelum lebaran, ini sejarah bagi Pemprov. Khusus untuk RSUD Haji, karena dulu melalui penggaran BLUD,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Kata dia, ketika penggaran dari skema BLUD itu akan dialihkan ke penganggaran Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD) maka butuh proses. Salah satunya, kata dia, harua dilakukan pencabutan Surat Keputusan (SK) BLUD.

“Jadi begini, harus ada proses peralihan anggaran itu. Mulai dari pencabutan SL BLUD-nya, kemudian pengalihan kepada APBD. Dan itu juga harus diperiksa dulu apa alasan dari perpindahan itu, tidak boleh serta merta pindah begitu saja. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB mengatakan bahwa status tenaga honorer memang harus diperjelas. “Apakah masuk di skema BLUD atau tidak. Jika masuk BLUD maka perlu diproses lagi,” kata Irfan AB.

Namun begitu, anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta kepada Pemprov Sulsel untuk tetap memberikan perhatian kepada tenaga honorer ini. “Kita harap Pemprov memberikan perhatian, kalau perlu proses cepat jika ada yang perlu diproses. Karena kasian juga mereka ini, kan sudah empat bulan,” pungkasnya.

Facebook Comments

Pos terkait