TNI AL Berhasil Evakuasi 2 Nelayan yang Dilaporkan Hilang di Perairan Morotai

  • Whatsapp
Proses evakuasi nelayan yang dilaporkan hilang di Perairan Morotai (15/2/2022) - SUARAPANTAU.COM/Dok. TNI AL

SUARAPANTAU.COM – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Morotai dibawah jajaran Komando Armada (Koarmada) III berhasil mengevakuasi dua nelayan yang dilaporkan hilang di Perairan Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Hal tersebut, dikonfirmasi oleh Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo.

Diketahui, dua orang nelayan dilaporkan hilang saat mencari ikan di Perairan Laut Pulau Morotai sejak Ahad 13 Februari 2022 lalu.

Letkol Laut (P) Amin Wibowo mengungkap kronologis awal kejadian berdasarkan laporan dari Supardi (Sekretaris Desa Mandiri) kepada Pos (Search And Rescue) SAR Morotai.

Bahwa ada dua orang nelayan yang hilang di laut saat mencari ikan. Selain itu menurut keterangan keluarga korban.



“Kedua nelayan tersebut pada tanggal 13 Februari 2022 sekitar pukul 03.00 WIT berangkat dari rumah di Desa Mandiri Morotai untuk mencari ikan di Perairan Pulau Morotai (sekitar 18 NM/Nautical Miles dari daratan) dengan menggunakan 1 (satu) kapal tradisional berjenis ketinting,” ungkap Amin Wibowo.

Selanjutnya hingga tanggal 14 Februari 2022, kedua korban belum juga kembali dan menurut informasi terakhir pada sekitar pukul 20.00 WIT korban sempat komunikasi dengan nelayan lain.

Bahwa korban sedang kehabisan bahan bakar dan mengalami kehilangan arah di sekitar Perairan Desa Sopi Kecamatan Morotai Jaya.



Selanjutnya Kepala Pos SAR Pulau Morotai An. Marjum Doa, berkoordinasi dengan Komandan Lanal Morotai, dan atas perintah Komandan Lanal Morotai Kapal Angkatan Laut (KAL) Wayabula III-14-12 pada pukul 22.00 WIT melaksanakan operasi SAR untuk mencari nelayan yang hilang.

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027.

Pos terkait