Imam Nawawi: Komunisme Tidak Pernah Mati

  • Whatsapp
Imam Nawawi, Ketua Umum Pemuda Hidayatullah 2020-2023

Pemuda Hidayatullah menggelar acara Majelis Online Pemuda (MOP) membahas tentang komunisme (29/9/2022) malam. Hadir sebagai narasumber Bang Hadi Nur Ramadhan. Belum satu menit pria murah senyum itu sudah menegaskan bahwa sebagai ideologi, komunisme tidak pernah mati.

“Sebagai partai PKI memang telah terlarang, tetapi sebagai ideologi, PKI tidak pernah mati,” ungkap pria yang juga aktif menulis buku itu.

Ia pun menarik audiens ke masa sejarah, tepatnya pada tahun 1966 yang mana Jenderal AH. Nasution selamat. Ternyata dari ungkapan AH. Nasution itulah Bang Hadi Nur Ramadhan menegaskan siapa dan bagaimana sebenarnya PKI itu.

“PKI sebagai partai memang telah bubar. Tetapi sebagai ideologi, PKI tidak akan pernah bubar,” demikian ungkapan jenderal legendaris itu.

Selanjutnya pendiri Rumah Sejarah Indonesia itu mengutip ungkapan Bung Hatta.

“Kesalahan Orde Lama dalam hal ini adalah Bung Karno, karena Bung Karno telah memelihara anak ular. Anak ular ini adalah PKI,” tutur Bang Hadi Nur.

Ideologi

Lalu apa ideologi itu, ini yang penting kita pahami. Menurut Achmad Nur Cholis dalam buku “Catat Caraku Mencerca” bisa kita pahami bahwa ideologi adalah keyakinan.

Keyakinan itu kemudian membentuk cara berpikir rasional yang akhirnya memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia.

Penulis itu mengutip ungkapan seorang Marxisme dan Leninisme yaitu Gramsci. “Ideologi adalah alat untuk menghegemoni orang-orang yang sedang tidak sadar.”

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pos terkait