Nadia Salsabilla: Faktor Pendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Pertumbuhan ekonomi. IST

Penulis: Nadia Salsabilla, Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis islam UIN Imam Bonjol Padang

ADA beberapa faktor yang dapat menjadi penentu pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Hal ini, penting menjadi kajian untuk memetakan potensi pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Beberapa faktor yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yaitu meliputi sumber daya alam (SDA), tenaga kerja, wirausaha, investasi.

Selain itu ada beberapa faktor yang juga sangat mendukung untuk pertumbuhan ekonomi suatu daerah yaitu, transportasi, teknologi, serta export market juga menjadi faktor pendukung pertumbuhan ekonomi.

Faktor Pertumbuhan Ekonomi

1. Sumber daya alam (SDA)

SDA mempunyai peran penting untk kehidupan manusia serta mendukung pembangunan ekonomi.

Dengan potensi SDA yang dimiliki setiap daerah maka juga bias menjadi timbal balik karena proses yang dihasilkan tersebut.

2. Tenaga kerja
Faktor tenaga kerja sebenarnya juga tidak boleh di remehkan begitu saja. Karena setiap hal yang berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi pasti membutuhkan tenaga kerja.

Kualitas tenaga kerja sangat prnting untuk kelacaran proses pembangunan ekonomi dan pastinya akan mmemberikan dampak pada produksi yang meningkat.

3. Wirausaha
wirausaha juga menjadi faktor penting dalam menyediakan lapangan pekerjaan di daerah, karena banyak nya pengusaha yang membuka usaha akan berdampak terhadap tingkat pengangguran yang ada, serta juga memperbaiki perekonomian masyarakat.

4. Investasi penunjang
Pendapatan naisonal tentunga selalu berkaitan dengan investasi. Investasi tersebut dapat berupa penenman modal yang meningkat.

sehingga mempunyai dampak positif unutuk proses produksi. Jika investasi semakin besar, mak pertumbuhan juga semakin meningkat

5. Transportasi
Transportasi juga menjadi fktor yang berperan untuk kegiatan menyalurkan perekonomian pada suatu daerah. Sehingga dengan adanya transportasi yang baik membuat pen distribusian produk ke setiap daerah menjadi lancar.

6. Teknologi
Seperti yang kita tau pada saat ini teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi, di era yang sudah modern ini teknologi menjadi pendorong dalam berbbagai kegiatan.

Jika suatu daerah tidak memiliki penguasaan terhadap teknologi, maka pertumbuhan ekonnominya akan menjadi tertinggal dan terhambat.

Dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor pendukung di atas menjadi nilai dasar untuk membantuk pertumbuhan ekonomi. Dan faktor- faktor di atas tidak boleh dilewatkan agar pertumbuhan ekonomi menjadi seimbang.

(*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan