Ratusan Warga Walmas Ramaikan Senam Germas Bersama Ketua TP PKK Luwu

SUARAPANTAU.COM, WALMAS – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu. Salah satunya, Senam Germas yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola RM. Diarso Sugondo, Kecamatan Lamasi, Jum’at (26/5).

Senam Germas diikuti ratusan orang dari berbagai kalangan, seperti jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu, Pemerintah Kecamatan Walenrang, Walenrang Utara, Walenrang Timur, Lamasi dan Lamasi Timur, Puskesmas se-Walmas serta masyarakat dan siswa siswi SD hingga SMA.

Kegiatan senam germas dirangkaikan pula dengan aksi lain, sarapan buah, pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian tablet tambah darah bagi calon pengantin wanita serta siswi SMP dan SMA.

Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. Msi didampingi Kadis Kesehatan, dr H. Rosnawary Basir menyampaikan bahwa kegiatan senam dan aksi bergisi yang dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah melakukan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Luwu

Bacaan Lainnya

“Perlu kita ketahui bersama bahwa awal mula terjadinya stunting akibat kurang pedulinya orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi anak, sehingga kita menggalakkan program ini sebagai bentuk sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk mengatur pola hidup sehat,” jelas Hj. Hayarna

Menurutnya, pemberian tablet tambah darah secara rutin bagi calon pengantin wanita dan siswi sekolah yang memasuki masa menstruasi diharapkan mampu mencegah terjadinya kekurangan darah atau anemia.

“Siswi yang telah memasuki usia remaja harus diberi pengetahuan untuk menjada stabilitas peredaran darah ditubuh mereka, sehingga ketika mengalami menstruasi, mereka sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mencegah anemia. Pertumbuhan mereka harus diperhatikan karena mereka adalah generasi pelanjut bangsa ini,” jelasnya.

Olehnya itu, kata dia, perlu ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sepertu Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga, pemerintah kecamatan, kelurahan/desa, puskesmas dan seluruh kelompok kerja yang peduli terhadap masa depan anak-anak, menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan berkarakter.

“Butuh kolaborasi semua pihak agar tujuan yang ingin kita capai diwujudkan secara bersama-sama,” pungkasnya. (*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *