Sevi Sholeha: Lunturnya Budaya Lokal

Budaya Wayang salah satu kekayaan budaya Indonesia

SUARAPANTAU.COM – Budaya adalah salah satu cara atau langkah sebuah menjalani kehidupan, yang dimiliki oleh kelompok orang yang berada di daerahnya masing-masing dan biasanya memiliki sifat turun-menurun.

Setiap tempat tinggal pasti memiliki identitas masing-masing untuk menunjukkan kepada daerah lain mengenai keunggulan daerah tersebut.

Dengan adanya Budaya, kita dapat mengenal atau dikenal oleh daerah lainnya yang tempatnya berjauhan dari daerah kita, selain itu kita juga dapat melihat atau menilai perilaku masyarakat yang lainnya.

Baca Juga: Danrem Tarumanagara Kolonel Inf Asep Sukarna Hadiri Gebyar Pesona Budaya Garut

Secara Tidak langsung Budaya dapat mempengaruhi perilaku-perilaku baik Budaya luar maupun non luar (dari budaya lokal itu sendiri). Contoh dari Budaya itu seperti Tari-tarian, wayang, wayang, batik dan lain sebagainya.

Budaya juga dapat membawa kita ke hal yang positif dan juga bisa membawa ke hal yang negatif, tergantung kita menyikapinya dan mengendalikannya, jika kita tidak mudah terpengaruh ke hal-hal yang negatif maka tidak akan mudah terbawa ke hal yang negatif tersebut.

Berdasarkan seperti hal yang sudah dijelaskan di atas, sudah seharusnya kita melestarikan atau menguri-uri budaya yang dimiliki budaya kita. Jangan sampai adat atau tradisi yang budaya kita miliki diklaim atau diakui oleh negara lain yang tidak kita kenali identitasnya.

Sering terjadi bahwa kita itu lupa dengan budaya yang kita miliki dan mengabaikan budaya lokal malah justru tertarik, mempelajari dan condong menyukai budaya dari luar.

Contoh yang sangat sederhana yang kita ambil dari budaya luar seperti lagu-lagu daerah atau tari-tarian dari budaya luar.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan

Pos terkait