Universitas Teuku Umar Jalin Kerjasama dengan Kecamatan Pulau Banyak Hingga Karya Mandiri

Universitas Teuku Umar Jalin Kerjasama dengan Kecamatan Pulau Banyak Hingga Karya Mandiri

SUARAPANTAU.COM – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (UTU) tandangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Pemerintah Kecamatan Pulau Banyak, Pemerintah Kampung Pulau Baguk dan Badan Usaha Milik Kampung Pulau Baguk “Karya Mandiri”, Sabtu (05/08/2023).

Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si dalam kata sambutannya menjelaskan bahwasanya kegiatan penandatanganan SPK ini bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan serta keberlanjutan program PPK Ormawa yang dilaksanakan oleh BEM FPIK UTU di Pulau Baguk.

Secara umum, SPK ini berisi poin-poin perjanjian yang berkaitan dengan dukungan pelaksanaan berupa fasilitas, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi dari para stakeholder atas kegiatan yang akan dilakukan oleh tim PPK Ormawa nantinya.

Baca Juga: Romo Syafii Bagikan Buku Prabowo di Universitas Panca Marga Probolinggo 

Selanjutnya, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.STP., Maitrise., M.Sc., IPU menyampaikan bahwasanya dalam kurikulum MBKM, mahasiswa memiliki hak untuk mengikuti program kampus merdeka. Salah satunya melalui program PPK Ormawa yang merupakan implementasi Kampus Merdeka bagi mahasiswa.

Harapan beliau melalui kegiatan ini, stakeholder serta masyarakat dapat bersama-sama berkolaborasi dengan tim PPK Ormawa untuk mewujudkan program Desa Preuneur hingga menjadi role model (Desa Percontohan) dalam pengembangan Desa Wirausaha di daerah lain sehingga desa menjadi lebih mandiri dan makmur masyarakatnya.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kecamatan Pulau Banyak memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada FPIK UTU khususnya tim PPK Ormawa BEM FPIK.

“Di Pulau Banyak, terdapat beberapa sumberdaya yang sangat potensial untuk dikembangkan khususnya potensi di bidang perikanan,” ujarnya.

“Oleh karenanya, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada FPIK UTU, yang sudah memilih pulau banyak sebagai lokasi pengabdian. Semoga program apa yang adik-adik rencanakan, dapat terlaksana sebagaimana mestinya,” tambah Mukhlis.

Pemerintah Kampung beserta Panglima Laot Kampung Pulau Baguk, juga mengucapkan terimakasih kepada tim PPK Ormawa dan siap mendukung serta berkolaborasi dengan tim PPK Ormawa dalam mewujudkan Kampung Pulau Baguk menjadi Desa Preuneur (Desa Wirausaha).

Kegiatan penandatanganan SPK ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing PPK Ormawa BEM FPIK UTU Dr. Muhammad Rizal, S.Pi., M.Si, Dekan FPIK UTU Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise, Camat Kecamatan Pulau Banyak Mukhlis, Keuchik Kampung Pulau Baguk Hardi beserta Sekdes Hafiz Kurniawan.

Selain itu, Panglima Laot Kampung Pulau Baguk Amrin T., Direktur BUMK Pulau Baguk “Karya Mandiri” Asril B., Dosen FPIK UTU Akbardiansyah, S.Kel., M.Si., dan Kelompok usaha masyarakat serta Ibu-ibu PKK.(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang Iklan