Bappelitbangda Luwu Gelar Konsultasi Publik Pengembangan Pelabuhan Tadette Belopa

SUARAPANTAU.COM, LUWU – Bappelitbangda Luwu menggelar Forum Konsultasi Publik sebagai langkah awal dalam perencanaan megaproject transformasi Luwu menuju tahun 2045, Rabu (10/1).

Salah satu agenda utama yang dibahas yakni pengembangan pelabuhan Tadette Belopa sebagai pelabuhan peti kemas di bagian Timur Sulawesi Selatan. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu dengan tema “Menuju Luwu Cemerlang”.

Kepala Bappelitbangda Luwu, Dr. Mohammad Arsal Arsyad, menegaskan pentingnya RPJPD dalam memberikan arah jelas bagi pertumbuhan Luwu

“RPJPD ini menjadi panduan utama untuk mengukuhkan visi, misi, serta program bagi para pimpinan ke depannya dan menjadi landasan untuk pembangunan berkelanjutan,” kata Arsal.

Bacaan Lainnya

Sementara Sekretaris Daerah Luwu, Sulaiman, mengatakan fokus utama pembangunan didasarkan pada tujuh pilar. Kata dia, ekonomi inklusif hingga penguatan daya saing SDM, semua dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan berkelanjutan

“Kegiatan ini juga mempertimbangkan pengembangan sektor pertambangan dan industri, termasuk rencana investasi smelter nikel dan emas. Selain itu, perhatian khusus juga diberikan pada ketahanan pangan, sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan yang disesuaikan dengan potensi setiap wilayah,” jelas Sulaiman.

Ia mengaku peningkatan infrastruktur transportasi, seperti infrastruktur pendidikan, kesehatan, jalan, jembatan, dan bahkan pengembangan Bandara I Lagaligo Bua, semuanya termasuk dalam visi besar RPJPD Luwu untuk mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Transformasi melalui RPJPD diharapkan memajukan Luwu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, memanfaatkan potensi wilayahnya untuk membawa kemajuan yang berkelanjutan bagi masyarakat,” pungkasnya. (rls/*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi suarapantau.com menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuarapantau@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027

Pasang IklanCalon Bupati Luwu 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *